Belasan Modifikasi Honda CB1000R di Wheels and Waves Share this
Modifikasi
Mode baca

Belasan Modifikasi Honda CB1000R di Wheels and Waves

Denny Basudewa
pada 18 Juni 2019

Foto: Honda CB1000R Modifikasi

BIARRITZ – Honda CB1000R bersolek dan tampil beda pada gelaran modifikasi tahunan Wheels and Waves.

Terdapat 12 Honda CB1000R yang dimodifikasi dengan konsep berbeda-beda. Beberapa motor diragap langsung oleh dealer Honda di Perancis, Italia, Swiss dan Spanyol. Sementara kuda besi Honda lainnya hasil karya rumah modifikasi kenamaan.

1. CB1000R Adical

Motor buatan Gannet Design dan Fuhrer Moto, Swiss ini terinspirasi dari semboyan Take it to the Limit. Pengerjaan kendaraan ini termasuk pada penggunaan rangkan karbon yang super ringan. Perangkat motor lainnya yang menggunakan bahan karbon juga terdapat pada sproket dan rumah roda.

Grafis motor ini bergaya kamuflase yang digarap langsung oleh Walter Oberli dengan teknik hand-painted. Saluran gas buangnya sendiri menggunakan bahan titanium buatan Akrapovic. Sementara bagian pengereman menggunakan merek Synto Evo.

2. Africa Four CRF1000R

Motor ini merupakan hasil garapan dealer Honda di Swiss dengan nama Brivermo Motors. Modifikasinya terinspirasi dari Honda CRF1000L Africa Twin. Ubahan paling kentara terlihat pada bagian kaki-kaki yang mencomot dari Honda CRF450R di bagian depan.

Komponen motor yang kerap digunakan pada kejuaraan offroad tersebut juga mencakup pada bagian pengereman. Disk brake dan keliper 4 piston milik Honda CRF450R juga melekat pada motor modifikasi ini. Sentuhan terakhir pada motor ini mencakup pada warna khas Africa Twin.


 

Kendaraan ini merupakan hasil kreasi dari Werther Honda yang berada di Nice, Prancis. Motor tersebut dikatakan terinspirasi dari Honda Monkey sesuai namanya. Maka tidak aneh jika beberapa komponen Honda Monkey tersematkan pada motor ini.

4. CB1000R Dirt Endurance

Maha karya satu ini merupakan hasil kreasi dari VC Moto di Sabadell, Spanyol. Tema dari pekerjaan ini adalah membangkitkan memori motor-motor Honda di masa lampau. Pada Honda CB1000R tersebut terdapat fairing dengan desain yang identik dengan unit masa lalu.

Nomor 48 yang ada di bagian belakang motor ini merupakan tahun pertama Honda Motor Company berdiri yakni pada 1948. Beberapa komponen pada kendaraan roda dua tersebut dibuat dengan menggunakan teknik 3D printing.

5. CB1000R Dani Pedrosa Replica

Meskipun Dani Pedrosa sudah pensiun dari MotoGP dan kini membela KTM, namun nama besar sang pembalap selalu di hati. Terbukti pada Honda CB1000R yang dilukis dengan menggunakan tema replika untuk sang pembalap.

Motor garapan Moto Macchion, Italia tersebut menggunakan beberapa komponen khas balap seperti knalpot SC Project, Rizoma indikator, alumunium handlebars, front brake guard dan kaca spion.

Masih banyak hasil karya modifikator yang mengubah tampilan Honda CB1000R nan memesona. Untuk melihat lebih jelas dan lengkap silahkan sambangi lama resmi Honda Eropa di sini. [Dew/Idr]


Komentar