Belanja Iklan TV Rp 152 Miliar, Penjualan Yamaha Tetap Nomor 2 Share this
Berita Motor
Mode baca

Belanja Iklan TV Rp 152 Miliar, Penjualan Yamaha Tetap Nomor 2

Insan Akbar
pada 10 Desember 2019

Foto: Yamaha Luncurkan 5 Model Baru Sekaligus pada Desember 2019, salah satunya All-New Nmax

JAKARTA – Yamaha Motor Indonesia dilaporkan membelanjakan Rp 152 miliar untuk iklan televisi selama Januari – Oktober 2019, paling banyak di antara merek-merek sepeda motor di Indonesia.

Yamaha, menurut institusi riset PT Sigi Kaca Pariwara (SKP), menghabiskan Rp 152,58 miliar untuk beriklan di televisi selama 10 bulan pertama 2019. Namun, tidak disebutkan untuk model apa saja dana iklan tersebut.

Peringkat kedua ditempati Honda, dengan 87,44 miliar. Dana sejumlah itu digelontorkan hanya untuk skutik Genio.

Data statistik ini sendiri diperoleh Adstensity, produk monitoring iklan televisi milik SKP, berdasarkan rekaman semua iklan televisi di 13 stasiun tv nasional yakni RCTI, SCTV, Indosiar, MNC TV, TransTV, Trans7, Global TV, MetroTV, TVOne, ANTV, Kompas TV, Net TV, dan TVRI. Adstensity mencatat volume iklan dan harga iklan sesuai dengan data yang dipublikasikan (publish rate), sehingga nilai yang tercatat adalah nilai bruto.

“Data ini tidak memberikan informasi apabila ada diskon atau potongan harga atau deal-deal lain dalam praktik bisnis antara pemasang iklan dan stasiun TV yang bersangkutan di luar dari Rate Iklan yang telah ditetapkan,” tulis SKP dalam keterangan resmi yang disebarluaskan pada akhir pekan lalu.

Penelitian memperlihatkan lima besar iklan TV merek ‘kuda besi’, baik dari sisi anggaran maupun jumlah iklan. Dari sisi dana, di peringkat tiga sampai lima secara berturut-turut ada Suzuki (Rp 58,39 miliar, model tak disebutkan), Honda (Rp 57,05 miliar, ADV 150), dan Honda lagi (Rp 39,12 miliar, Vario).

Dana iklan tidak berbanding lurus dengan jumlah iklan. Ini terlihat dari adanya sedikit perbedaan peringkat di lima besar.

Yamaha, dalam perspektif ini, tetap berada di peringkat pertama dengan 4.344 iklan. Begitu pula dengan Honda Genio dengan 3.786 iklan.

Akan tetapi, di peringkat ketiga, ada Honda ADV 150 dengan 2.254 iklan yang diikuti Suzuki di ranking keempat dengan 1.795 iklan. Honda Vario ada di posisi kelima dengan 1.055 iklan. [Xan/Ari]


Komentar