Begini Cara Hankook Kembangkan Pasar di Indonesia Share this
Aksesoris
Mode baca

Begini Cara Hankook Kembangkan Pasar di Indonesia

Denny Basudewa
pada 20 Agustus 2019

Foto: Hankook Indonesia (Foto: Amos Arya)

JAKARTA – Hankook Tire Indonesia berencana untuk mengembangkan segmen pasar di Tanah Air dengan cara mendirikan channel distribusi.

Produsen ban asal Korea tersebut memiliki pabrik di Indonesia sejak 2013. Pabrik tersebut memproduksi sekitar 11 juta ban setiap tahunnya. Namun yang dipasarkan untuk domestik alias Indonesia hanya 10 persennya saja atau 1.1 juta ban saja.

Pabrik hankook di Indonesia lebih banyak memasarkan ban untuk Amerika Serikat, Eropa, Thailand hingga Malaysia. Penetrasi ke pasar Indonesia dari produk-produk Hankook terbilang masih sangat kecil. Hal ini menimbulkan pertanyaan, mengingat pertumbuhan kendaraan di Tanah Air mencapai 1 juta unit setiap tahunnya.

Berbicara dalam wawancara eksklusif dengan Otospirit.com, Jason Soo Lee selaku President Director PT Hankook Tire Sales Indonesia, mengatakan bahwa mereka tengah menyiapkan jalur distribusi baru, guna melebarkan pangsa pasar di Tanah Air.

“Selama ini ijin perusahaan kami hanya sebagai produsen ban (PT Hankook Tire Indonesia). Kami tidak diperbolehkan untuk melakukan distribusi secara langsung. Inilah yang membuat kami kesulitan mengembangkan pasar,” ucap Jason di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, hari ini (20/08/2019).

Saat ini Hankook Indonesia hanya meraih pangsa pasar sebanyak 5 sampai 6 persen. Untuk itulah mereka menunjuk chanel distribusi dengan nama HTSI (Hankook Tire Sales Indonesia).

HTSI sebagai sister company akan menjadi model bisnis baru Hankook di Indonesia. Selain itu perusahaan tersebut juga akan menghadirkan produk-produk yang berkaitan dengan otomotif pada umumnya.

Dengan adanya model bisnis baru tersebut, diharapkan pangsa pasar ban Korea tersebut akan terus tumbuh secara nasional. Jason mengungkapkan targetnya tahun depan mereka dapat meraup pangsa pasar hingga 10 persen. [Dew/Idr]


Komentar