"Bangkai" BMW E30 Disulap Jadi Trailer Share this
Modifikasi
Mode baca

"Bangkai" BMW E30 Disulap Jadi Trailer

Denny Basudewa
pada 02 Agustus 2017

Foto: BMW Trailer

JAKARTA – Pernahkah terbayang sebuah trailer dari sedan asal Eropa? Ini yang dilakukan Tomi selaku punggawa rumah modifikasi Pallazo Garage.

Dia berhasil merombak 1 unit BMW E30 menjadi sebuah trailer unik dan mobil penariknya adalah model yang sama. Demi menyajikan trail berbeda, Tomi harus  “memutilasi” mobil asal Eropa itu.

Langkah tersebut karena menurutnya, kreativitas dalam dunia modifikasi tidak ada batasnya. Hal inilah yang membuat setiap ubahan pada kendaraan menjadi menarik untuk dipandang.

Pilihan untuk mengorbankan satu unit sedan BMW menjadi sebuah trailer didasari oleh kegemarannya. Pria ramah ini merupakan seorang pembalap nasional yang aktif di beberapa cabang seperti drift maupun slalom.

Sementara trailer tersebut digunakan untuk mendukung aktivitasnya di dunia balap.

“Awalnya memang saya butuh trailer untuk mengangkut keperluan balap seperti ban dan peralatan lain. Tapi saya kebetulan punya ide unik dan ada yang jual mobil ini tanpa mesin. Bangkai mobil itu saya potong dari batas pintu depan, kemudian dirangkai jadi trailer,” kata Tomi kepada Otospirit.com.

Tomi menjelaskan bahwa dirinya membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk menggarap proyeknya tersebut. Mobil yang dijuluki "Si Boy" ini menjadi istimewa karena mempertahankan desain bagian belakang serta rumah lampu bawaan pabrik. Sehingga meskipun kendaraan pengangkut barang, bentuk belakang kendaraan dan fungsi lampu-lampu tetap normal.

Sebagai mobil penariknya adalah BMW E30. So, jika dilihat dari belakang, orang akan menyaksikan dua buah bagian buntut BMW E30.

Jika trailer tak dibutuhkan, Tomi cukup copot pengait trailer. Mobil yang utuh pun bisa digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari. Nah, guna mendukung aktivitasnya, Tomi hanya melakukan ubahan gearbox manual menjadi transmisi otomatis pada mobil tersebut. Selain itu dirinya juga mengubah jok bawaan pabrik dengan produk Recaro semi bucket.

“Alasannya biar kaki tidak pegal ketika melakukan perjalanan jauh,” tutup Tomi. [Dew/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
"Bangkai" BMW E30 Disulap Jadi Trailer


Komentar