Ban Pilihan Rio Haryanto untuk Bisa Lebih Kompetitif di Monaco Share this
F1
Mode baca

Ban Pilihan Rio Haryanto untuk Bisa Lebih Kompetitif di Monaco

Adi Hidayat
pada 19 Mei 2016

Foto: Rio Haryanto bersama pembalap dunia lain telah menentukan ban pilihandi Monaco.

MONACO – F1 Monaco memang masih menyisakan waktu cukup lama. Rio Haryanto, pembalap Formula1 pertama dari Indonesia bersama pembalap lain telah memutuskan ban apa saja yang akan dibawa.

Pirelli telah menyediakan tiga jenis ban yaitu soft, supersoft dan ultrasoft. Kurang familiar dengan ultrasoft? Wajar karena ban tipe ini baru akan melakukan debutnya di F1 Monaco mendatang.

Meski masih belum pernah digunakan dalam seri-seri sebelumnya, namun semua pembalap menjadikan ultrasoft sebagai ban yang paling banyak dibawa dibanding dua jenis ban lainnya. Duo Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton menjadi pembalap yang paling banyak membawa ban jenis ini. Dari kuota 13 set ban yang diperbolehkan, mereka memborong 10 set ban Ultra Soft sekaligus. Langkah yang sama dilakukan oleh Daniel Ricciardo dan Max Vertappen dari Red Bull Racing, Jolyon Palmer dari Renault.

Sementara itu Rio dan rekan 1 timnya di Manor Racing, Pascal Wehrlein menjadi pembalap dengan kuota ban ultrasoft paling sedikit. Mereka hanya membawa enam set ban ultrasoft. Sisa kuota mereka diisi oleh ban tipe soft dua set dan supersoft sebanyak lima set.

Ban ultrasoft nantinya akan menggunakan tulisan berwarna ungu pada dinding ban. Sementara untuk soft akan menggunakan tulisan berwarna kuning dan supersoft menggunakan tulisan berwarna merah. Mana yang akan lebih unggul? Kita tunggu saja! [Adi/Ikh]


Komentar