Balapan Ketahanan Sepang 8 Hours Dihelat Tahun Depan Share this
Balap Lain
Mode baca

Balapan Ketahanan Sepang 8 Hours Dihelat Tahun Depan

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 30 Juli 2018

SUZUKA - Sepang International Circuit (SIC) akan menjadi tuan rumah baru balap ketahanan 8 jam di Asia setelah sebelumnya hanya berlangsung di Sirkuit Suzuka, Jepang.

Ajang FIM Endurance World Championship memasuki babak baru dan membuat balapan ini kian bergengsi. Pasalnya, pada musim 2019-2020 nanti Eurosport selaku penyelenggara menambahkan satu seri lagi kawasan Asia yakni Sirkuit Sepang, Malaysia.

Kesepakatan tersebut terjalin saat pihak SIC yang diwakili Razlan Razali datang ke perhelatan Suzuka 8 Hours, akhir pekan lalu. CEO SIC itu mengatakan permintaan menggelar Sepang 8 Hours ini merupakan realisasi dari survey mereka terhadap warga Malaysia.

"Kami senang bahwa balapan di FIM EWC ini adalah event yang dipilih masyarakat sebagai pengganti Formula One. Kami juga bangga Sepang menjadi seri kualifikasi bagi tim Jepang dan Asia sebelum berpartisipasi di Suzuka," kata Razali.

Ia menjelaskan Sepang 8 Hours akan dihelat pada Desember 2019. Razali berharap balapan ini bisa menyedot lebih banyak lagi pembalap level dunia untuk turut berpartisipasi. Apalagi, Sirkuit Sepang juga sudah siap menggelar balapan malam hari.

Balapan Sepang 8 Hours bakal menggunakan format serupa dengan Suzuka 8 Hours seperti sistem superpole untuk 10 besar. Tentu saja ini menjadi ajang unjuk gigi khususnya bagi tim Asia Tenggara dan Jepang agar bisa berkompetisi di Sirkuit Suzuka. Selain itu, tim asal Eropa dan Jepang tidak perlu khawatir karena pihak Eurosport akan menanggung biaya akomodasi mereka ke Sepang. [Ary/Ari]


Komentar