Balap MotoGP Qatar Bakal Berlangsung Ketat Share this
MotoGP
Mode baca

Balap MotoGP Qatar Bakal Berlangsung Ketat

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 18 Maret 2018

LOSAIL - MotoGP Qatar dipastikan bakal berlangsung ketat, sebanyak 12 pembalap berpeluang menang setelah satu sama lain mencatat waktu kompetitif di sesi kualifikasi.

Persaingan sengit terlihat jelang seri perdana MotoGP 2018. Puncaknya terjadi pada sesi kualifikasi yang berlangsung tadi malam (17/3/2018). Baris terdepan pada balapan nanti akan diisi oleh tiga pembalap dari tiga merk berbeda.

Johann Zarco berhasil menempati pole position setelah menorehkan lap time 1 menit 53,680 detik. Catatan itu sekaligus mengalahkan rekor Sirkuit Losail yang sudah 10 tahun digenggam Jorge Lorenzo (1 menit 53,927 detik).

Selanjutnya, ada Marc Marquez yang akhirnya tampak sudah menemukan setup terbaik di Losail. Pembalap Repsol Honda ini berada di posisi kedua dengan selisih 0,202 detik.

Danilo Petrucci menjadi pengisi grid ketiga. Pembalap Pramac Racing ini mampu mengungguli rider tim pabrikan Ducati, Andrea Dovizioso yang sebelumnya selalu ada di posisi teratas.

Sementara itu, Cal Crutchlow menunjukkan peningkatan setelah berhasil membuat lap time 1 menit 54,072 detik. Disusul Dovizioso yang hanya terpaut 0,0003 detik saja.

Di sesi perebutan starting grid ini, Alex Rins juga semakin tajam dengan menghuni grid keenam. Dia berada satu tempat di depan Dani Pedrosa (7) dan Valentino Rossi (8).

Rossi mengatakan sekitar 12 pembalap mencatat waktu yang sama cepatnya. Selain Zarco, Marquez dan Petrucci ada sembilan pembalap lain yang mencetak lap time 1 menit 54 detikan. Termasuk Jorge Lorenzo, Jack Miller, Andrea Iannone dan juga Maverick Vinales.

"Saya punya kecepatan yang bagus. Tapi, ada 12 pembalap dengan kondisi serupa," kata Rossi.

Menanggapi rekor baru Zarco di Losail, The Doctor menyatakan tidak terkejut karena pembalap tim satelit Yamaha itu memang sudah memperlihatkan kecepatannya.

"Tahun lalu dia menyelesaikannya dengan sangat bagus. Dia sangat kuat dan kami harap bisa bertarung dengannya," sahut Rossi lagi.

VR46 sendiri mengakui pasir dan angin di lintasan sedikit menghambatnya melahap tikungan lebih cepat karena kehilangan grip ban depan. Selain itu, tim mekanik Movistar Yamaha juga akan melakukan perbaikan pada sektor elektronik untuk mendapatkan akselerasi maksimal pada YZR-M1.[Ary/Ari]


Komentar