Awal Bergabungnya Daimler dan Mercedes-Benz Share this
Berita Mobil
Mode baca

Awal Bergabungnya Daimler dan Mercedes-Benz

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 14 Juni 2016

Foto: Daimler dan Mercedes-Benz bergabung dan mendirikan perusahaan Daimler-Benz AG.

STUTTGART - Mercedes-Benz adalah sebuah perusahaan otomotif asal Jerman berusia 130 tahun. Perusahaan ini telah memproduksi berbagai macam kendaraan seperti mobil, truk, dan bus.

Di balik kesuksesan sebagai salah satu perusahaan mobil paling dikenal di dunia dan perusahaan otomotif tertua di dunia, Mercedes-Benz punya cerita sejarah panjang wajib untuk dikenang.

Keberhasilan Mercedes-Benz tidak lepas dari Daimler-Motoren-Gesellschaft (DMG) setelah mereka bergabung pada 1926. Awal bergabunganya dua produsen mobil tertua di dunia itu tepat pada 28 Juni 1926, dua perusahaan ini menandatangani perjanjian untuk menjalankan bisnis otomotif bersama-sama. Kolaborasi ini bisa disebut sebagai kerjasama terbesar antara dia pabrikan mobil dalam industri otomotif di tahun 1926.

Penandatanganan ini sekaligus menandai kelahiran Daimler AG sebagai merek dagang global. Dan merger ini menciptakan landasan baru bagi masa depan Daimler corporation.

Untuk diingat bergabungnya dua perusahaan itu dampak dari Perang Dunia Pertama. Setelah Perang Dunia Pertama, kondisi perekonomian Eropa sangat sulit. Jerman tentu turut merasakannya. Dalam catatan sejarah, Jerman adalah pemicu Perang Dunia Pertama setelah perselisihannya antara Prancis dan Rusia.

Kondisi Eropa carut marut dan meninggalkan kondisi perekonomian Eropa buruk saat itu, termasuk memparah kondisi ekonomi dua perusahaan otomotif Daimler-Motoren-Gesellschaft (DMG) dan Mercedes-Benz.

Setelah perang, dua perusahaan ini ingin tetap menjalankan bisnisnya, namun dengan keterbatasan dana dan tanpa PHK seluruh karyawan. Pada akhirnya mereka sepakat bergabung agar bisnis dapat berjalan dengan baik.

Singkat cerita, beberapa tahun sebelum bergabung, kedua perusahaan telah sukses memproduksi hampir 6.000 mobil dengan tenaga kerja lebih dari 15.000 orang dengan pendapatan sekitar 104 juta Reichsmark (mata uang Jerman sebelum Euro).

Dalam bentuk kerjasama itu, dua perusahaan dalam satu komitmen yaitu menciptakan mobil berkualitas, pengembangan bersama meliputi teknologi, desain, produksi dan penjualan. Kedua perusahaan secara bertahap menemukan ritme kerjasama yang baik.

Pada saat yang sama Carl Benz dan Gottlieb Daimler menemukan produk mobil masing-masing. Dan tiga dekade kemudian, kedua perusahaan menjadi pesaing bisnis dengan merek masing-masing.

Tepat pada 1926, dua perusahaan resmi bergabung dan berdirilah Daimler-Benz AG. Kantor pusat mereka terletak di Stuttgart, Jerman. Kolaborasi ini didasarkan pada Agreement of Mutual Interest yang telah ditandatangani dua tahun sebelumnya, tepat pada Mei 1924. [Ikh/Idr]


Komentar