GIIAS 2017 Bangkitkan Semangat Industri Otomotif Indonesia Share this
Berita Mobil
Mode baca

GIIAS 2017 Bangkitkan Semangat Industri Otomotif Indonesia

Denny Basudewa
pada 10 August 2017

Foto: Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017

TANGERANG – Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2017 secara resmi dibuka Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian hari ini, Kamis (10/08/2017).

Bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Tangerang, lebih dari 40 mobil baru diluncurkan pada event tahunan ini. Acara ini adalah langkah para pelaku otomotif dan pemerintah dalam menggairahkan pasar otomotif di Tanah Air.

Johannes Nangoi sebagai Ketua Umum GAIKINDO menyampaikan, "GIIAS 2017 merupakan event yang sangat penting, karena industri otomotif di Indonesia memiliki peranan penting dalam perekonomian di Tanah Air. Penyelenggaraan GIIAS 2017 sendiri merupakan sumbangsih Gaikindo dalam membesarkan dan memajukan industri otomotif dalam negeri.".

Dia mengatakan bahwa pasar otomotif di Tanah Air mengalami perbaikan. Penjualan mobil di semester pertama 2017 mengalami kenaikan. Begitu juga dengan ekspor kendaraan yang mengalami perbaikan. Namun Nangoi menjelaskan, bahwa produksi kendaraan baru mengalami sedikit penurunan.

“Penjualan domestik sampai Juli 2017 mencapai 532.570 unit naik 0,3 pada periode yang sama tahun lalu. Ekspor CBU sampai Juli 2017 mencapai 113 ribu unit atau naik 20, 5 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Produksi hingga Juli 2017 mencapai 590 ribu atau turun 0,7 persen dibandingkan tahun lalu,” jelas Nangoi.

Dirinya menjelaskan kapasitas produksi kendaraan dapat bertambah pada tahun ini dengan bertambahnya fasilitas produksi dari Mitsubishi Motors. Selain itu dibukanya pabrik baru oleh SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors,) dapat membantu naiknya kapasitas produksi kendaraan di Tanah Air.

“Bertambahnya fasilitas produksi kendaraan dari PT Mitsubishi Motors dan Wuling yang baru membuka pabriknya di Indonesia akan menambah kapasitas produksi. Tahun ini Astra juga membuat fasilitas R&D di Indonesia yang mendukung tumbuhnya jumlah kendaraan,” ucap Nangoi.

GIIAS 2017 akan diikuti oleh 32 merk kendaraan yang terdiri dari 24 mobil penumpang dan delapan merk kendaraan niaga. Ke-24 merk kendaraan penumpang yang ikut serta adalah Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Dodge, Honda, Hyundai, Isuzu, Jeep, Kia, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi, Nissan, Renault, Suzuki, Tata Motors, Toyota, Volvo, VW, dan Wuling.

Sementara untuk kendaraan komersial adalah DFSK, FAW, Hino, Hyundai Bus and Truck, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors dan UD Truck.

Pameran ini akan diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City tanggal 10 – 20 Agustus 2017. Tiket masuk akan dijual dengan harga Rp 50.000 untuk weekday, Rp 70.000 untuk weekend dan Rp 150.000 untuk VIP dan Press Day. [Dew/Ikh]


Komentar