Yamaha Indonesia Resmi Produksi Mesin Moge, Namun Tetap Impor

Yamaha Indonesia
Salah satu moge Yamaha yang di produksi mesinnya

JAKARTA – Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi akan memproduksi mesin motor gede dan Recreational Off-highway Vehicle (ROV).

Beredar kabar sebelumnya bahwa YIMM ditunjuk Yamaha Motor Company (YMC) untuk memproduksi mesin motor gede (moge) dan ATV mulai tahun ini. Kini informasi tersebut menjadi kenyataan seiring datangnya konfirmasi dari pihak YIMM.

Namun mereka mengatakan bahwa hanya akan memproduksi mesin moge 700cc ke atas dan ROV. Mesin Yamaha MT-07 akan menjadi salah satu basis produksi mereka. Produksi mesin moge sudah dimulai, sementara mesin ROV akan terlaksana pada 2019.

”YIMM ditunjuk YMC (Yamaha Motor Company) Jepang untuk memproduksi mesin motor besar dan ROV mulai tahun ini,” ujar M Abidin, GM After Sales & Public Relations PT YIMM.

Untuk memulai proyek ini, YMC dikabarkan menggelontorkan dana hingga milliaran Yen. Sehingga YIMM mampu memproduksi 10 ribu hingga 20 ribu mesin motor besar dan ROV setiap tahunnya.

Pabrikan berlambang Garpu Tala tersebut sejatinya membuat mesin moge untuk dipasarkan di Benua Eropa dan Amerika Serikat. Namun sayangnya meskipun dipercaya memproduksi mesin, moge-moge Yamaha tetap masuk ke Tanah Air secara impor.

”Tidak ada rencana memproduksi unit motor besar dan unit ROV di Indonesia. Impor motor besar juga akan terus kami lakukan,” tegas M Abidin.

Yamaha Indonesia sudah berhasil melakukan ekspor terhadap beberapa produknya skutik dan motor sport berkapasitas kecil ke Eropa. Namun untuk motor berkapasitas besar tetap impor meskipun pasarnya terus berkembang. [Dew/Ikh]