Wapres JK Ingatkan Pentingnya Industri Otomotif

Wapres JK Ingatkan Pentingnya Industri Otomotif
Wapres JK di booth Toyota (Foto: Amos)

TANGERANG – Wakil Presiden Republik Indonesia mengatakan bahwa industri otomotif memiliki peran yang sangat penting bagi perekonomian di suatu negara, khususnya Indonesia.

Demikian Ia sampaikan saat meresmikan Gaikindo Indonesia Auto Conference (GIAC) 2017, Jumat (11/8/2017).

Hal ini karena industri otomotif bisa menjadi penggerak ekonomi suatu negara. Ekonomi yang maju diharapkan juga akan memberi dampak positif pada masyarakat.

“Bagi kita, industri kendaraan sangat menentukan karena memiliki multiplier effect yang besar bagi industi pendukungnya. Sehingga, apabila industri mobil berkembang maka ratusan industri lain juga akan ikut berkembang,” kata JK.

Meski mendukung berkembangnya industri otomotif di Indonesia, namun dirinya juga mengingatkan bahwa Indonesia memiliki kondisi geografis yang menantang. Akibatnya, tidak semua jenis kendaraan akan menjadi cocok di Indonesia.

“Semua kendaraan memang bisa dibuat, tapi setiap negara memiliki pasar dan lingkungan yang khas, tentu kondisi geografis juga khas maka tidak semua mobil yang dijual di luar negeri sama nilai pasarnya di Indonesia,” ungkapnya.

Saat ini Indonesia baru mendapat investasi baru dari perusahaan otomotif China yaitu Wuling Motors. Produsen mobil yang membangun pabriknya di kawasan Bekasi ini memulai langkah di Indonesia dengan mendatangkan mobil si segmen MPV, segmen tergemuk di Indonesia. [Adi/Ikh]