Toyota Peduli Pendidikan Generasi Muda di Indonesia Share this
Berita Mobil
Mode baca

Toyota Peduli Pendidikan Generasi Muda di Indonesia

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 30 September 2016

Foto: Toyota tunjukkan kepedulian di bidang pendidikan

JAKARTA - PT Toyota-Astra Motor (TAM) menunjukkan komitmen dengan berpartisipasi aktif dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di lingkungan internal perusahaan maupun lingkungan masyarakat di sekitarnya.

Bentuk komitmen kali ini ditunjukkan di level internal dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui Quality Control Circle (QCC). QCC ini merupakan salah satu cara untuk melakukan aktivitas perbaikan berkelanjutan (Kaizen), melalui kemandirian dalam penyelesaian masalah.

Program QCC lahir dari nilai dasar budaya perusahaan yang tertuang dalam Toyota Way yaitu Respect for People dan Continuous Improvement (Kaizen). Respect for People diwujudkan dengan adanya keleluasaan bagi setiap karyawan Toyota untuk berperan aktif dalam memberikan ide perbaikan di perusahaan.

Sedangkan untuk Continuous Improvement (Kaizen) diwujudkan dalam upaya perbaikan terus-menerus oleh seluruh komponen perusahaan di seluruh lini operasional. Tidak hanya di sektor internal saja, melainkan juga melakukan ekspansi peningkatan kualitas sumber daya manusia di lingkungan sekitarnya dengan melakukan perbaikan berkelanjutan (Kaizen) melalui practical problem solving.

Kali ini PT Toyota-Astra Motor melakukan ekspansi program Kaizen Goes to School dengan melibatkan 20 SMK wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Total 20 SMK terpilih dan melakukan penandatangan nota kesepahaman (memorandum of understanding) mengenai program Kaizen Goes to School yang disaksikan langsung oleh Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin.

Ke-20 SMK tersebut yaitu ] SMKN 1 Cikarang Pusat, SMKN 1 Cikarang Utara, SMKN 1 Cikarang Barat, SMKN 2 Cikarang Barat, SMKN 1 Cikarang Selatan, SMKN 1 Cibarusah, SMKN 1 Pebayuran, SMK Nurul Qolbi, SMK Azzahiriyah, SMK Al Amin Cikarang Utara, SMK Al Amin Cibarusah, SMK Bina Mitra, SMK Puja Bangsa, SMK Bina Prestasi, SMK Mitra Industri, SMK Bina Talenta, SMK 11 Maret, SMK Laboratorium Global, SMK Tunas Teknologi dan SMK Yapin 02.

Ke-20 sekolah tersebut dipilih karena sangat cocok menjadi sasaran program QCC. Diharapkan melalui program ini TAM mampu menciptakan pribadi yang berjiwa inovatif sehingga mampu bersaing di era persaingan regional maupun global.

pt toyota-astra motor Berbagai pengembangan di sektor pendidikan diharapkan mampu menghasilkan generasi muda terbaik

“Aktivitas QCC di internal TAM terbukti telah menjadi salah satu metode yang efektif dalam mengembangkan sumber daya manusia, dalam mempertahankan excellent operation di tengah tuntutan pelanggan yang semakin tinggi dan beragam, dinamika kompetisi yang semakin ketat, dan teknologi yang terus berkembang,” ujar Darmawan, Direktur Finance PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Sekolah dinilai menjadi salah satu institusi yang memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai dan pembentukan karakter/kepribadian, sekaligus sebagai agen perubahan di tengah masyarakat. Melalui program Kaizen Goes to School diharapkan menjadi solusi dan memberikan kontribusi strategis bagi dunia pendidikan untuk mewujudkan generasi lebih baik. [Amo/Ikh]


Komentar