Toyota Dukung Burung Indonesia lewat Donasi HiACE Share this
Berita Mobil
Mode baca

Toyota Dukung Burung Indonesia lewat Donasi HiACE

Denny Basudewa
pada 09 December 2018

Foto: Toyota dan Burung Indonesia

JAKARTA – Toyota Motor Corporation (TMC) menyalurkan donasi 1 unit HiACE kepada Burung Indonesia (anggota jaringan kemitraan global BirdLife International).

Melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang merupakan afiliasi TMC di Tanah Air, brand asal Jepang tersebut menyatakan ikut mendukung survei keanekaragaman hayati dan kegiatan pendidikan konservasi, di sekitar lokasi kerjanya di Bentang Alam Popayato-Paguat, Provinsi Gorontalo.

Kendaraan ini akan digunakan oleh Burung Indonesia untuk mendukung tim untuk survei, mempromosikan pendidikan lingkungan untuk masyarakat pedesaan dan perkotaan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan di kalangan generasi muda di wilayah tersebut.

"Toyota ingin berkontribusi untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan seperti yang dituangkan dalam Toyota Environment Challenge 2050. Untuk mencapai hal ini, kami berusaha untuk membangun hubungan kerjasama dengan organisasi yang berkecimpung di dalam aktivitas pelestarian lingkungan,” ungkap Yoshiaki Ishimoto, Wakil Presiden Toyota Daihatsu Engineering Manufacturing (TDEM).

Penyerahan donasi kendaraan secara simbolis dilakukan di Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Turut menghadiri acara ini antara lain Pejabat Pemerintahan terkait, Rektor UNG, Prof Dr Syamsu Qamar Badu M.Pd, Direktur Eksekutif Burung Indonesia, Dian Agista, Vice President Toyota Daihatsu Engineering Manufacturing (TDEM), Yoshiaki Ishimoto dan beberapa perwakilan dari TMMIN.

Di kesempatan yang sama, Toyota juga mendonasikan alat peraga pendidikan berupa dua unit mesin utuh (1 mesin tipe NR dan 1 mesin tipe TR). Serta 1.000 bibit pohon multiguna endemik Gorontalo kepada Universitas Negeri Gorontalo.

Sejak 2009, Burung Indonesia telah bekerja di Bentang Alam Popayato-Paguat untuk mempromosikan konservasi burung dan keanekaragaman hayati. Selain itu mereka juga meningkatkan penghidupan masyarakat setempat.

Untuk melakukan upaya tersebut, Burung Indonesia telah bekerja secara intensif dengan pemerintah di semua tingkatan, universitas, organisasi kemasyarakatan, media, instansi terkait, dan yang paling penting dengan penduduk desa yang tinggal di tepi hutan.

“Burung Indonesia mengapresiasi kepedulian Toyota terhadap lingkungan melalui donasi kendaraan. Dukungan ini berkontribusi besar terhadap upaya Burung Indonesia dan pemangku kepentingan lokal untuk melestarikan hutan dan keanekaragaman hayati, serta memelihara pendekatan konservasi dan pembangunan terpadu di Bentang Alam Popayato Paguat,” kata Dian Agista, Direktur Eksekutif Burung Indonesia. [Dew/Ari]


Komentar