TMMIN Menjadi Pabrik Terbaik di Asia Share this
Berita Mobil
Mode baca

TMMIN Menjadi Pabrik Terbaik di Asia

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 25 October 2016

Foto: Toyota Indonesia menjadi pabrik terbaik di Asia

JAKARTA - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berhasil mendapatkan penghargaan Good Factory Award yang diselenggarakan oleh Japan Management Association (JMA) di Tokyo pada 19 Oktober 2016.

Good Factory Award telah diselenggarakan sejak 2011 dan diberikan khusus kepada perusahaan-perusahaan di kawasan Asia Pasifik yang telah menunjukkan peningkatan perbaikan dalam segi produktivitas dan kualitas. Ini merupakan pertama kalinya TMMIN ikut berpartisipasi dan berhasil menyingkirkan 4.000 perusahaan di Asia.

Proses penilaian dimulai sejak Desember tahun lalu mulai dari kegiatan audit secara langsung di pabrik Karawang TMMIN. Pada proses penilaian ini, tim auditor berkesempatan untuk melakukan kegiatan diskusi bersama jajaran direksi dari TMMIN.

Penilaian penghargaan Good Factory Award ini dilakukan oleh Profesor Shin Seichi selaku kepala komite dari University of Electro Communication Jepang. Ia dibantu oleh beberapa ahli dan konsultan manajemen dalam menentukan pemenang penghargaan kali ini.

tmmin Kualitas produk Toyota Indonesia telah diakui di kancah internasional

Penilaian untuk Good Factory Award dibagi kedalam 3 kategori yaitu Monozukuri Process Award, Monozukuri People Development Award dan Monozukuri CSR Award. Perusahaan yang memiliki nilai baik di ketiga kategori tersebut berhak memperoleh Factory Management Award.

Kategori Factory Management adalah sebuah pengakuan bagi perusahaan dengan level manajemen tinggi dan berhasil meningkatkan produktivitas serta kualitasnya. TMMIN berhasil memperoleh penghargaan tersebut dan menjadi satu-satunya perusahaan di luar Jepang yang berhasil meraih penghargaan di kategori ini.

Proses penyerahan penghargaan ini dilaksanakan pada 19 Oktober 2016 dan bertempat di Tokyo, Jepang. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Nakamura Masami selaku Ketua JMA kepada Nandi Julyanto selaku Direktur Produksi & Pabrik Karawang dan Bob Azam selaku Direktur Administrasi TMMIN.

tmmin Penghargaan Japan Management Association (JMA)

”Kami sangat tersanjung telah dipercaya untuk menerima penghargaan Good Factory pada kategori Factory Management. Penghargaan ini semakin memicu TMMIN untuk lebih meningkatkan performa manajemen produksinya dan terus memberikan yang terbaik bagi konsumen melalui upaya tiada henti untuk menyediakan produk–produk berkualitas global yang diproduksi dari fasilitas manufacturing berkualitas global,” tutur Nandi Julyanto, Direktur Produksi dan Pabrik Karawang TMMIN.

Penghargaan Factory Management Award ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan domestik dan pasar ekspor. Melalui penghargaan ini juga, Toyota Indonesia telah menunjukkan kapabilitas industri Indonesia yang telah dinilai sejajar dengan negara maju lainnya seperti Jepang dan China. [Amo/Ikh]


Komentar