Suzuki akan Produksi Mobil-mobil Listrik Toyota Share this
Berita Mobil
Mode baca

Suzuki akan Produksi Mobil-mobil Listrik Toyota

Adi Hidayat
pada 21 November 2017

Foto: suzuki-e-survivor

NEW DELHI – Suzuki akan memproduksi mobil-mobil listrik Toyota di India mulai 2020.

Kerjasama tersebut masih termasuk dalam kerjasama yang dibuat oleh Toyota dengan Suzuki pada Februari 2017. Dalam kerjasama tersebut, Suzuki akan memproduksi mobil listrik untuk keperluan pasar India dan suplai sebagian produksinya pada Toyota. Sementara Toyota bertugas untuk memberikan bantuan dari sisi teknis pada model tersebut.

Kedua brand tersebut juga merencanakan untuk melakukan penelitian terkait penerimaan dan penggunaan mobil listrik di India. Penelitian ini termasuk tentang ketersediaan stasiun pengisian daya, pengembangan sumber daya manusia termasuk pelatihan teknisi dan sistem perawatan baterai yang rusak.

Pemerintah India memang tengah mempromosikan rencana transisi dari mobil konvensional berubah menjadi mobil listrik. Suzuki pun telah mengumumkan akan membangun pabrik baterai lithium-ion di Gujarat. Mereka ingin memproduksi semua komponen mobil termasuk baterai, motor listrik dan beragam komponen penting lainnya secara lokal.

Toshihiro Suzuki, CEO Suzuki mengatakan bahwa dorongan pemerintah setempat untuk mempercepat pengembangan mobil listrik memang tidak bisa mereka penuhi sendiri. Untuk itu, mereka kerja sama dengan Toyota agar dapat membuat persiapan yang lebih matang dan memenuhi ambisi Pemerintah India.

Secagai catatan, Saat ini Pemerintah India berencana untuk mengganti seluruh mobil konvensionalnya dengan mobil listrik. Dengan demikian, maka diharapkan udara di India bisa menjadi lebih bersih ketimbang saat ini. [Adi/Ikh]


Komentar