Replika Motor Chopper Jokowi Dibuat Terbatas 8 Unit, Harga Rp 200 Juta Share this
Modifikasi
Mode baca

Replika Motor Chopper Jokowi Dibuat Terbatas 8 Unit, Harga Rp 200 Juta

Insan Akbar
oleh Insan Akbar
pada 07 September 2018

Foto: replika motor chopper Jokowi dibuat terbatas sebanyak 8 unit dengan harga Rp 200 juta masing-masing

JAKARTA – Replika sepeda motor chopper Presiden Joko Widodo akhirnya dibuat lagi sebanyak delapan unit saja. Setelah itu, rumah modifikasinya yaitu Elders Garage tidak bakal merakitnya lagi.

Pada awal tahun ini, motor modifikasi model chopper hasil kolaborasi Elders Garage bersama Kickass Chopper menarik minat Jokowi yang akhirnya membelinya seharga Rp 140 juta. Sejak itu, cukup banyak pihak yang menginginkan motor chopper dengan spesifikasi sama seperti milik sang presiden.

“Motor ini akhirnya kami keluarkan lagi karena memang banyak permintaan pasar. Mereka mau persis kayak motornya bapak. Akhirnya kami bikin series dari 1 – 8. Tapi penomorannya enggak ada nomor empat karena kalau kepercayaan China nomor empat itu identik dengan kesialan, jadi nomornya 1 – 9,” papar Heret Frasthio dari Eldres Garage di sela-sela acara Custom Collaboration 2018, 6 – 9 September di Lippo Mall Kemang.

Dari delapan unit, empat di antaranya sudah terjual. Pemiliknya memiliki latar belakang, dari pejabat sampai artis. Sayangnya, hanya satu identitas pembeli yang dibocorkan yaitu aktor Adipati Dolken. Replika motor chopper Jokowi milik Adipati Dolken ini lah yang dipinjam dan dipajang di Custom Collaboration 2018.

“Sisanya itu adalah seorang kolektor dari Medan, pejabat yang aku enggak bisa sebutkan namanya, terus ada lagi kolektor dari Malang. Pejabatnya maaf saya enggak bisa kasih tahu. Yang jelas masih di satu ‘kubu’, lah.Dari empat itu yang bakal jadi anak motor ini paling-paling Adipati Dolken saja nih, yang bakal pergi-pergi keluar bareng kita. Yang lain untuk dipajang saja,” papar Heret.

Adapun harganya replika motor chopper Jokowi adalah Rp 200 juta per unit. Namun, Heret membeberkan banderol untuk Adipati berbeda karena lebih mahal dari itu. Ia tidak menyebutkan alasan maupun harganya.

“(Replika motor chopper Jokowi) kembar identik dengan motor bapak. Selain itu kami akan kasih juga miniatur motornya, plakat, spesifikasinya, jadi memorable, lah,” tandas dia.

Perbedaan pada replika motor chopper Jokowi dibanding yang orisinil, sambung Heret, paling-paling terdapat pada fork dan foot step. Ini karena motor modifikasi harus disesuaikan dengan postur maupun karakter berkendara dari sang empunya.

Sebagai informasi, motor chopper Jokowi dibuat dari rangka motor custom yang didesain dan diproduksi sendiri oleh Elders Garage dan Kicksass Chopper. Rangka ini diberi merek Chopperland.

Mesin, tromol serta shockbreaker diambil dari Royal Enfield Bullet 350. Ban diambil dari produk yang sudah ada di pasar. Adapun tangki, spakbor belakang, jok, arm belakang, swingarm, dibuat sendiri oleh rumah modifikasi tersebut. Bodinya dibaluri warna emas.

Berdasarkan penelusuran Otospirit di laman daring resmi Royal Enfield Indonesia, Bullet 350 menggunakan mesin 346 cc, silinder tunggal, empat langkah, busi ganda dengan bore dan stroke 70 mm x 90 mm, rasio kompresi 8.5 : 1, dan sistem pengapian transistorised coil ignition. Mesin berdaya 19,8 hp dan torsi 28 Nm ini dipasangkan dengan transmisi lima percepatan.

“Kalau delapan unit ini sudah terjual semua, kami tak akan buat lagi,” tukas Heret. [Xan/Ari]


Komentar