Range Rover Sport SVR Lebih Cepat dari Ferrari 458 Italia

HUNAN – Range Rover Sport SVR mampu mengalahkan catatan waktu Ferrari 458 di Pegunungan Tianmen, Zhangjiajie, provinsi Hunan, China.

Tak sedikit yang beranggapan sebuah SUV mampu mengalahkan sport car. Namun, hal itu dipatahkan oleh mobil buatan Inggris ini. Range Rover Sport SVR datang ke pegunungan Tianmen. Misi utamanya adalah mengalahkan catatan waktu Ferrari 458 Italia sebagai mobil tercepat di sana.

Bukan hal mudah bagi sebuah SUV lantaran jalanan di lereng Tianmen dihiasi 99 tikungan. Namun, sang pengendara yaitu Ho Pin Tung yang notabene juara balap Le Mans mampu memaksimalkan performa Range Rover Sport SVR.

Mobil ini pun mampu mencatat waktu 9 menit 51 detik. Total, Ho Pin Tung melahap 11,3 km dengan kecepatan rata-rata 68,8 km/jam. Torehan tersebut nyatanya mengalahkan perolehan Ferrari 458 Italia yakni 10 menit 31 detik, 2016 lalu. Sebagai catatan, unit yang digunakan dalam kondisi standar.

Range Rover Sport SVR Tianmen China 2018
Ho Pin Tung, sang pengemudi dihadapkan dengan 99 tikungan Pegunungan Tianmen.

Range Rover Sport SVR sendiri dibekali mesin supercharger V8 5.0 L bertenaga 567 hp dan torsi 700 Nm. Dengan mesin tersebut, SUV mewah ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,5 detik saja. Sementara kecepatan tertinggi yang bisa dijangkau adalah 280 km/jam.

Penggunaan material yang ringan serta peningkatan kemampuan pada sisi handling disebut menjadi faktor utama Range Rover Sport SVR bisa melesat di jalanan Tianmen. Ditambah lagi dengan adanya fitur SVO (Special Vehicle Operations) yang mampu memaksimalkan performa Range Rover Sport SVR ketika melahap tikungan.

Ho Pin Tung mengatakan tantangan terbesarnya adalah tetap konsentrasi menghadapi tikungan demi tikungan disertai jalanan yang miring. Dia juga mencoba fokus dengan kemampuan Range Rover Sport SVR.

“Fokus saya adalah membuat ritme berkendara dengan Range Rover Sport SVR dan itu sangat mudah. Ini adalah SUV dengan performa dan kelincahan spuercar. Anda tetap bisa membawanya ke tempat yang selama ini hanya menjadi mimpi sebuah SUV,” terang Ho Pin Tung yang juga pembalap Panasonic Jaguar Racing.

Sebagai informasi, Range Rover Sport SVR dijual dengan harga £99,680 atau setara Rp 1,9 Miliar.[Ary/Ari]