Pertamina Gandeng Porsche Kampanyekan Pertamax Turbo Euro 4

Pertamax Turbo Euro 4
Pertamax Turbo Euro 4

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) secara bertahap, siap untuk memasarkan Pertamax Turbo hasil produksi kilang Refinery Unit (RU) dalam negeri dengan kualitas lebih baik yang memenuhi standar Euro 4.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut menggandeng Porsche Club Indonesia dan Seadoo Indonesia, guna menyukseskan acara Turbo Ride Beyond Nature. Kegiatan ini dikatakan sebagai acara rutin dari klub mobil asal Jerman tersebut.

Acara ini dimulai dari titik temu pertama yakni SPBU 31-12802, jalan MT Haryono Jakarta Selatan. Di sana Manajemen Pertamina bertemu dengan klub mobil satu merek tersebut. Kemudian acara berlanjut dengan simulasi pengisian bahan bakar Pertamax Turbo Euro 4.

Kemudian rombongan bergerak menuju Pantai Mutiasa, Jakarta Utara dengan seremonial pelepasan. Acara lalu berlanjut ke pulau Ayer di kawasan Kepulauan Seribu. Di sana mereka melakukan kegiatan sosial yakni membersihkan sampah di sekitar pulau.

Kegiatan menarik lainnya adalah Jet Ski Slalom Race dengan menggunakan jetski dari Seadoo Indonesia.

Pertamax Turbo Euro 4
Pertamax Turbo Euro 4

“Acara ini merupakan bukti nyata PT Pertamina, PCI dan Seadoo Indonesia, akan kesadaran yang tinggi pada lingkungan. Hal ini dilakukan demi mewujudkan kualitas hidup manudian nan lebih baik,” ujak pihak Pertamina, melalui siaran persnya Sabtu, 14 April 2018.

Melalui uji emisi xang dilakukan oleh BMTP (Balai Thermodinamik Motor dan Propulsi), terbukti bahwa Pertamax Turbo Euro 4 mampu mengurangi kadar Carbon Monoxide (Co), Hydrocarbons (HC) dan Nitrogen Oxides (NOx).

Hasil emisi menunjukkan bahwa Pertamax Turbo Euro 4, memiliki kandungan sulfur lebih rendah mencapai maksimal 50 parts per million (ppm), sehingga dapat memperbaiki kualitas lingkungan. Kandungan sulfur yang semakin rendah, dampak negatif dari polusi yang dihasilkan juga akan semakin rendah. [Dew/Ari]