Nissan Navara Taklukkan Gurun Sahara Share this
Berita Mobil
Mode baca

Nissan Navara Taklukkan Gurun Sahara

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 20 November 2016

Foto: NIssan Navara tunjukkan ketangguhan menakhlukkan gurun Sahara

ERRACHIDIA – PT. Nissan Motor Indonesia menjajal ketangguhan Nissan Navara di Maroko, Afrika Utara pada pertengahan November lalu.

Sejak meluncur di Indonesia pada 2015, Nissan Navara telah berhasil melewati beragam pengujian. Beberapa pengujian tersebut antara lain merambah Aceh dengan kawasan Leuser yang liar, menanjak di Gunung Tambora, menjelajah Gunung Sibayak dan 50 gunung lainnya di Tanah Air.

Kali ini, uji kemudi yang mengusung puluhan kendaraan ini bertujuan untuk membuktikan ketangguhan Nissan Navara dalam mengatasi tantangan di salah satu medan terberat yaitu gurun pasir. Gurun pasir Sahara menjadi pilihan karena memiliki kontur berbeda jika dibandingkan dengan medan pengujian sebelumnya.

Dalam uji kemudi di Gurun Sahara, peserta menggunakan Nissan Navara spesifikasi Eropa dengan berbekal mesin diesel 2.3L dengan versi 157 hp single-turbo dan 187 hp twin-turbo. Perjalanan dimulai dengan melakukan warming lap, kemudian dilanjutkan dengan long lap secara berkelompok dengan total perjalanan 182 kilometer dan ditempuh dalam kurun waktu sekitar 5 jam.

“Saya sudah mencoba berbagai jenis kendaraan 4x4 di gurun pasir dan dari semua kendaraan yang saya coba, Navara menunjukkan sebagai kendaraan terbaik,” tutur Ramon Vila, pembalap berpengalaman Paris-Dakar Rally Nissan.

Kunci keunggulan Navara mengatasi tantangan Sahara, salah satunya terletak pada fitur Hill Descent Control (HDC) dan Hill Start Assist (HSA). Selain itu, dukungan electronic locking rear differential, Shift on-the-fly four wheel drive dan rancangan Nissan pada all-new five-link rear suspension system menjadikan handling kendaraan makin mumpuni tanpa meninggalkan kenyamanan kabin bagi pengemudi dan penumpang.

“Cuaca ekstrem tidak hanya menguji kendaraan tetapi juga manusia yang mengemudikannya. Paduan tenaga mesin yang mumpuni, kecanggihan five-link rear suspension, Hill Start Assist, Hill Descent Control dan teknologi penunjang kenyamanan dan keamanan lainnya menasbihkan Navara sebagai pick-up tough dan smart yang sanggup atasi keganasan Sahara,” tutur Hana Maharani, Head of Communication NMI.

Nissan Navara merupakan bukti keahlian Nissan selama 80 tahun dalam membuat kendaraan pick-up handal. Di Indonesia, Navara memimpin 40 persen di segmen kabin ganda privat pada akhir tahun 2015 lalu. [Amo/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Nissan Navara Taklukkan Gurun Sahara


Komentar