Motor Balap BMW Seharga Rp 2,1 Miliar Mejeng di IIMS 2018 Share this
Berita Motor
Mode baca

Motor Balap BMW Seharga Rp 2,1 Miliar Mejeng di IIMS 2018

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 19 April 2018

JAKARTA - BMW HP4 Race ini menjadi satu-satunya motor balap dari BMW Motorrad yang mejeng di booth mereka di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

PT Maxindo Moto Indonesia ikut andil di penyelenggaraan IIMS 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Di hari ini (19/4/2018) pula, mereka memperkenalkan empat sepedamotor kepada publik. Namun, bintangnya di pameran otomotif ini adalah BMW HP4 Race. Pasalnya, motor ini bukan street legal alias motor balap peruntukan sirkuit.

"Sebenarnya motor ini sudah datang ke Indonesia Desember 2017. Tapi, sengaja kami keep (simpan) dan dimunculkan untuk IIMS," kata Joe Frans, CEO PT Maxindo Moto Indonesia di booth mereka.

Sebagai motor balap, BMW HP4 Race dibekali spesifikasi terbaik. Contohnya adalah penggunaan perangkat suspensi yang sama seperti motor MotoGP dan swingarm Suter, biasanya diterapkan pada kuda besi Moto2. Meski bukan untuk jalanan, Joe mengatakan motor yang dibanderol Rp 2,1 miliar (off-the-road) ini sudah ada peminatnya.

"Apalagi, unit ini hanya satu-satunya di Indonesia. Jika dilihat motor ini ada nomor serinya 114 dari 750 yang ada di dunia," jelas Joe lagi.

Selain BMW HP4 Race, PT Maxindo Moto Indonesia selaku distributor juga merilis BMW S1000R. Naked bike ini tak hanya menawarkan tampang sangar, tapi juga bekal mesin 999 cc yang cukup buas. Bahkan dengan dukungan knalpot Akrapovic slip on yang sudah termasuk dalam paketnya sanggup menyemburkan tenaga 165 hp di 11000 rpm dan torsi maksimal 114 Nm pada putaran mesin 9250 rpm.

BMW S1000R juga menawarkan pengendalian ergonomis dengan setang fat bar, jok rendah dan yang terpenting adalah frame aluminium. Dengan begitu, pengemudinya bisa lebih mudah mengendarainya. Peminatnya bisa menebus dengan harga Rp 645,5 juta (on-the-road Jakarta).

BMW R1200RT Spezial juga turut hadir. Walaupun bukan sepenuhnya baru, Sporty Tourer satu ini sangat identik dengan gaya turingnya, tampang depan sporty lewat fairing plus visor yang bisa diatur ketinggiannya secara otomatis. Inilah yang membuat BMW R1200RT Spezial ini jadi sangat menarik.

BMW R1200RT sendiri telah lebih dulu hadir, namun yang membuatnya spesial dan mewah karena penggunaan warna Sparkling Storm Metallic dengan sentuhan jok berwarna cokelat berbahan kulit beremboss RT pada jok belakang.

Motor ini juga terbilang cukup mempuni menopang penunggangnya selama perjalanan. Selain windsreen yang bisa diatur, jok BMW R1200RT juga bisa disetel ketinggiannya menyesuaikan tubuh sang pemilik. Satu lagi pembedanya dengan varian standar, BMW R1200RT Spezial ini sudah terdapat built in speaker yang nantinya bisa dikoneksikan smartphone berkoneksi bluetooth untuk keperluan telpon dan memutar musik. Unit ini bisa dibeli dengan harga Rp 1,032 miliar.

Terakhir adalah BMW R Nine T Spezial. Jika dilihat dari model yang sudah pernah dirilis PT Maxindo Moto Indonesia, perbedaan signifikan pada BMW R Nine T Spezial adalah penggunaan material aluminium di beberapa area seperti cover engine dan footstep. Pengunjung IIMS 2018 yang tertarik bisa mendapatkannya dengan harga Rp 778,9 juta (on-the-road Jakarta). [Ary/Ari]


Komentar