Menperin Sindir Standar Euro2 untuk Mobil Share this
Berita Motor
Mode baca

Menperin Sindir Standar Euro2 untuk Mobil

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 02 November 2016

Foto: Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

JAKARTA - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengapresiasi kendaraan roda dua telah menggunakan standar emisi euro3, melebihi kendaraan roda empat yang masih standar emisi euro2.

Menurutnya standar euro2 pada kendaraan roda empat tertinggal cukup jauh, Ia pun menyarankan agar pemerintah mencanangkan standar euro yang lebih tinggi pada mobil guna memperkecil penyebaran polusi udara. Hal tersebut dinilai kurang efisien jika harus melewati euro3 terlebih dahulu.

"Terkait dengan lingkungan untuk sepedamotor yang masuk ke euro3, saya mengapresiasi karena telah mendahului Gaikindo," kata Airlangga dalam kata sambutan di acara pembukaan Indonesia Motorcycle Show 2016 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta (2/11/2016).

Mengenai kebijakan tersebut, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi pernah mengatakan bahwa kendaraan roda empat akan menerapkan emisi dengan standar euro4 secara bertahap.

Menerapkan standar emisi euro4 tentunya memerlukan waktu.

Selama ini di Asia, hanya Indonesia, Myanmar dan Laos yang masih menggunakan euro2 di mana sangat tertinggal dari segi standar emisi di dunia. [Ikh]


Komentar