Memahami Makna Interior MINI Melalui Sang Desainer Bagian 1

Memahami Makna Interior MINI Melalui Sang Desainer
Christian Bauer

MUNICH – Christian Bauer siap menumpahkan ide-ide briliannya ke dalam interior MINI, semenjak didaulat menjadi Head of Interior Design mobil ikonik dari Inggris tersebut.

Sebagai seorang desainer, Bauer menuangkan isi pikirannya sebagai seorang arsitek sebuah manufaktur mobil. Mulai dari pilihannya untuk menjadi seorang desainer, hingga harapan ke depan dalam merancang MINI.

Bauer yang sebelumnya menjabat sebagai desain interior BMW i, dipercaya untuk merancang kabin dari MINI sejak Juni 2017. Pria 43 tahun tersebut menjawab 10 pertanyaan seputar MINI untuk masa depan.

  1. Mengapa Anda bisa menjadi seorang desainer mobil?

Tawaran untuk menjadi seorang desainer seperti panggilan dan hak yang luar biasa bagi saya, karena sebagai seorang desainer, kita memiliki kesempatan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih indah.

Bahkan saat kecil, ada dua hal yang cintai yakni mobil dan gambar. Saya memiliki banyak koleksi gambar Matchbox. Saya bernasib baik karena selalu dikelilingi kendaraan, dan Ayah saya juga menghabiskan banyak waktu dengan berbagai model kendaraan.

Saya selalu menikmati proses ketika menggambar, jadi menggabungkan dua hasrat dan menjadikannya logis untuk dilakukan.

  1. Hal apa yang ada di imajinasi Anda?

Pembangunan dan masa depan, karena pada dasarnya saya selalu suka segala sesuatu yang baru. Saya tidak suka memikirkan hal-hal dengan hanya diam berdiri saja. Menurut saya tidak ada yang lebih baik dari jangka panjang. Keahlian adalah salah satu bagian dari sifat manusia. Hal itu bisa kita ilibatkan sejak usia dini.

Anak-anak saya sendiri menunjukkan kepada saya betapa menyenangkannya hal tersebut. Kegembiraan mereka dalam memahami sesuatu untuk pertama kalinya, dikomunikasikan secara langsung dan terbuka. Saya juga terus-menerus menantang diri saya untuk terus maju dan menciptakan hal-hal baru.

Memahami Makna Interior MINI Melalui Sang Desainer
Christian Bauer
  1. Apa yang menjadi inspirasi Anda?

Saya menggambar sesuatu dari hal yang tidak biasa dan tidak terlihat. Setiap kali ada orang yang berhasil melakukan pendekatan, saya diingatkan untuk tetap berada pada jalurnya. Karena setiap ada pendekatan baru, pasti membuat standar baru pula.

Saya terinspirasi dengan hasil pencapaian dari berbagai disiplin ilmu. Mulai dari arsitektur, biologi dan fisika hingga desain tentunya. Penggabungan fungsi dan komponen akan membuka kemungkinan yang sama sekali baru.

  1. Desain bagus yang menurut Anda bagus?

Bagi saya, desain yang bagus merupakan refleksi dari semangat pada waktu tertentu. Sementara berhubungan erat dengan produk yang dihadapkan kepada orangnya tersebut. Cara kita melihat sesuatu, sebagai konsekuensinya selera yang berlaku, berubah sesuai dengan berjalannya waktu.

Desain yang bagus tidak selalu mencerminkan preferensi kontemporer. Namun ada yang namanya desain abadi. Menurut saya, desain yang baik harus menawarkan nilai tambah baik secara fungsional maupun emosional.

  1. Apa yang paling Anda suka bekerja sebagai desainer kendaraan

Menurut saya, desain memiliki arti lebih dari sekedar nilai estetika. Saya melihatnya sebagai sesuatu yang harus dilakukan untuk dan bersama-sama. Artinya desain harus memberikan nilai tambah setidaknya bagi seorang pelanggan.

Dengan kata lain, desain membantu membuat hidup lebih baik. Memerankan peran aktif, dan dalam hal itu merupakan sesuatu yang sangat saya banggakan. [Dew/Ari]

Bersambung..