Koenigsegg Agera RS Kalahkan Rekor Bugatti Chiron Share this
Berita Mobil
Mode baca

Koenigsegg Agera RS Kalahkan Rekor Bugatti Chiron

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 07 November 2017

Foto: Koenigsegg Agera RS

NEVADA - Koenigsegg Agera RS menjadi hypercar tercepat di dunia dengan berhasil melaju hingga 457,5 kpj.

Sebelumnya, rekor kecepatan ini dimiliki oleh Bugatti Chiron dengan berhasil melaju hingga 431 kpj.

Tak ingin kalah, Koenigsegg melalui Agera RS mencoba untuk mengalahkan rekor tersebut. Memilih lokasi di Pahrump, Nevada dengan Niklas Lilja di balik kemudi mampu menunjukkan kemampuan Agera RS yang sebenarnya.

Pada proses pengujian kecepatan ini, tim Koenigsegg menggunakan modul Racelogic guna menghasilkan data yang akurat. Pada percobaan pertama, hypercar asal Swedia ini mampu menempuh kecepatan maksimal 300 kpj.

Percobaan pertama tersebut kurang maksimal karena Lilja berakselerasi dengan sangat lambat dan menghindari high-speed wheel spin. Namun pada percobaan kedua, mesin 1.360 hp ini menunjukkan kemampuannya.

Ketika mencapai kecepatan 300 kpj, Lilja terus menambah bukaan throttle untuk mencapai speed 457,5 kpj dengan mudah. Dengan perolehan tersebut, Koenigsegg Agera RS berhasil mengalahkan rekor Bugatti Chiron.

Rekor tersebut berhasil diperoleh berkat adanya konfigurasi baru dalam diri mesin V8 5.0-liter twin-turbo. Dengan pecahnya rekor baru tersebut, Koenigsegg Agera RS menjadi hypercar tercepat di dunia. [Amo/Ikh]


Komentar