Honda CR-V Jadi Mobil Terbaik FORWOT 2017 Share this
Berita Mobil
Mode baca

Honda CR-V Jadi Mobil Terbaik FORWOT 2017

Denny Basudewa
pada 29 September 2017

Foto: Honda CR-V jadi Mobil Terbaik FORWOT 2017

JAKARTA – Honda CR-V dinobatkan sebagai FORWOT Car of The Year (FCY) 2017. CR-V mobil keempat Honda yang menyita perhatian jurnalis Indonesia setelah Honda Brio (2012), Honda Jazz (2014), Honda HR-V (2015).

Setelah menjadi nominasi bersama Honda Civic, Hyundai Tucson, Suzuki Ignis dan BMW i8, Honda CR-V berhasil mendapatkan poin tertinggi dalam proses penilaian di fase lima besar. Seperti diketahui, tahun ini 32 mobil yang diluncurkan pada periode Agustus 2016 hingga Juli 2017, menjadi peserta FCY tahun ini.

"Tahun ini pertarungan merebutkan gelar FORWOT Car of the Year semakin seru. Ini terlihat dengan hadirnya satu mobil ramah lingkungan berbasis listrik yang masuk dalam lima besar. Ini membuktikan objektivitas para juri dalam menilai mobil yang terbaik dan sarat dengan teknologi terkini," kata Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT di Jakarta, Sabtu (29/9/20170).

Berdasarkan 26 juri yang merupakan jurnalis otomotif dari berbagai media nasional baik online maupun cetak, Honda CR-V berhasil unggul dengan memproleh 149 poin, diikuti Suzuki Ignis (136 poin), Honda Civic Hatchback Turbo (132 poin), BMW i8 (125 poin), dan Hyundai Tucson (108 poin). Total poin dari 26 juri adalah 650.

"Di sisi lain, hasil ini memperlihatkan bahwa setiap pabrikan semakin terpacu untuk menghadirkan mobil yang berkualitas dan terbaik ke konsumen Indonesia," imbuh Indra.

Penjurian FCY 2017 sendiri dikatakan melalui tiga tahap meliputi:

  1. Menjaring 32 model baru yang meluncur dari periode Agustus 2016 - Juli 2017
  2. Panel juri memilih dan menghasilkan lima finalis
  3. Voting terhadap lima finalis. Tiap juri akan diberikan 25 poin yang didistribusikan pada finalis.

Proses penilaian FCY sendiri mengacu pada Car of the Year dari Car of the Year Commitee atau www.caroftheyear.org. Sistem ini dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa namun disesuaikan dengan pasar otomotif di Indonesia.

"Kami menjamin, penjurian FORWOT Car of The Year 2017 dilakukan secara jujur, adil, dan independen tanpa ada pengaruh dari pihak-pihak tertentu. Kami ucapkan selamat pada pemenang dan kami berharap, hasil ini bisa menjadi motivasi bagi para Agen Pemegang Merek (APM) untuk terus melakukan inovasi dan memberikan produk terbaik ke konsumen,” ungkap Ketua Dewan Juri FORWOT Car of The Year 2017 Ekawan Raharja.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada para sponsor seperti Pertamina Lubricants, Garda Oto dan PT Pertamina (Persero). [Dew/Ikh]


Komentar