Harga Mobil Kepresidenan Baru AS Rp 235 Miliar, Trump Punya Selusin

NEW YORK – Donald Trump resmi menggunakan mobil baru yang perunitnya seharga Rp 235 miliar.

Seperti diketahui bahwa kendaraan kepresidenan selalu memiliki spesifikasi yang lebih istimewa dari mobil pada umumnya. Fitur yang sudah pasti ditawarkan oleh konsumen adalah tahan terhadap serangan peluru hingga senjata berat. Hal ini dilakukan guna melindungi sang pemimpin dari serangan teror.

Amerika Serikat selama ini mempercayakan kendaraan kepresidenannya kepada General Motor (GM). Akhir pekan lalu Trump terlihat bersliweran di New York dengan menggunakan mobil dinas keluaran terbaru.

Mobil bersasis panjang (Limosin) yang dikenal dengan sebutan ‘The Beast’ tersebut tampak lebih modern dari edisi sebelumnya. Penampilan tunggangan baru Trump lebih elegan dengan disematkannya desain grille baru.

Cadillac CT6 versi panjang ini tetap mempertahankan desain lampu depan. Meskipun spek detail dari kendaraan kepresidenan ini tidak diketahui, sudah tentu The Beast telah dilapisi baja. Sebagai negara adi daya, tentunya Trump memiliki risiko lebih besar daripada pemimpin negara lainnya.

Seperti dilaporkan Fox News, Pemerintah AS melakukan pemesanan selusin The Beast pada GM. Sementara harga setiap unitnya dikabarkan mencapai Rp 235 miliar. Sedangkan 2 unitnya terlihat di jalanan New York baru-baru ini.

The Beast dikatakan memiliki bobot layaknya sebuah truk yaitu 6,803 hingga 9,071 kilogram. Limosin ini mampu mengangkut tujuh orang penumpang. Sehingga Trump bisa melakukan rapat kecil di dalam kendaraan sambil melakukan perjalanan.

Mobil kepresidenan AS berjuluk The Beast telah menjadi teman setia sang pemimpin negara adi daya tersebut sejak 2009. Mobil kerap diboyong ketika Presiden melakukan perjalanan dinas ke negara lain. [Dew/Ari]