Pesaing Range Rover Sport Segera Meluncur

Mercedes-Benz GLB
Mercedes Ener-G-Force Concept

STUTTGART – Mercedes-Benz GLB telah dipastikan akan meluncur pada 2019.

Mercedes-Benz GLB yang memiliki kode nama B24 ini digadang-gadang akan menjadi generasi baru model GLA. Crossover ini akan mengusung desain lebih boxy dengan adanya pelindung pada bagian bawah body dan memiliki ground clearence lebih tinggi.

GLB akan memiliki dimensi panjang 4,55 meter atau lebih panjang 122 mm jika dibandingkan dengan model Mercedes-Benz GLA saat ini. Meski memiliki dimensi lebih panjang, mobil ini dipastikan memiliki kapasitas kargo paling besar di kelasnya.

Jika dilihat dari desainnya, produsen mobil asal Jerman ini memadukan desain mobil konsep Ener-G-Force dengan desain G-Code Concept. Ener-G-Force sendiri telah melakukan debut global pada 2012 dan G-Code Concept telah dikenalkan pada 2014.

Rencananya, Mercedes-Benz akan menyediakan versi lebih panjang yang dilengkapi dengan baris ketiga sehingga dapat menampung 7-penumpang. Versi lebih panjang ini akan dihadirkan untuk pasar Amerika Serikat dan China.

Mercedes-Benz GLB
Mercedes Ener-G-Force Concept

Kabarnya, Mercedes-Benz GLB akan digerakkan oleh roda depan. Namun itu belum bisa dipastikan, sebab untuk sebuah mobil tangguh seharusnya Merc menyediakan penggerak roda belakang. Di samping itu Mercedes-Benz akan menghadirkan emlat varian yaitu dengan menggunakan mesin bensin, diesel, plug-in hybrid dan murni listrik.

Mesin 4-cylinder turbocharged tersebut akan menyemburkan tenaga 248 hp. Selain mesin tersebut, tersedia opsi mesin AMG dengan output 295 hp dan 443 hp.

Pada varian plug-in hybrid dan listrik diyakini mampu menempuh jarak hingga 400 km. Dengan kelebihan tersebut, GLB diyakini akan menjadi pesaing serius Range Rover Sport. [Amo/Ikh]