Boss Hyundai Indonesia Prediksi Pasar MPV akan Terus Menurun

PT Hyundai Mobil Indonesia
Hyundai Tucson CRDi (Foto: Amos Arya)

JAKARTA – PT Hyundai Mobil Indonesia meyakini pangsa pasar SUV akan terus meningkat dan sebaliknya pangsa pasar MPV akan menurun.

Seiring dengan berjalannya waktu, terjadi berbagai macam ubahan di dunia otomotif. Salah satu segmen yang sempat merajai penjualan otomotif dunia yaitu MPV kini diyakini perlahan-lahan akan segera ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia.

MPV dinilai telah digeser oleh segmen SUV mulai dari model compact hingga full-size. Hal tersebut telah terjadi di beberapa negara di berbagai belahan dunia.

“Di negara lain, MPV ini semakin menyusut secara penjualan. Konsumen di negara-negara berkembang telah beralih ke segmen SUV dari yang kecil hingga besar,” tutur Mukiat Sutikno, Presiden Direktur PT Hyundai Mobil Indonesia.

Pihak Hyundai Indonesia juga melihat bahwa perkembangan segmen SUV akan terus meningkat dan membuat terjadinya pergeseran pangsa pasar MPV. Salah satu contohnya yaitu di beberapa negara Eropa di mana compact SUV telah menjadi mobil utama sebagian besar masyarakat.

Hyundai i10 yang merupakan compact SUV ternyata telah menjadi salah satu mobil pilihan utama konsumen di Eropa. Selain itu small SUV juga telah menjadi beberapa pilihan konsumen di berbagai negara, salah satunya Indonesia.

“Pangsa pasar SUV mulai dari yang kecil hingga paling besar ini telah menunjukkan dominasinya di dunia otomotif global. Jujur saya lihat MPV tetap ada segmen dan peminatnya tapi tidak akan sebesar SUV,” tambah Mukiat.

Wajar apabila berbagai produsen mobil global berlomba-lomba untuk menciptakan SUV untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Sedangkan Hyundai sendiri sedang menyiapkan berbagai macam produk SUV terbaru di masa depan.

Dalam 2-3 tahun ke depan, Hyundai Indonesia akan meluncurkan salah satu SUV terbarunya yang merupakan ‘adiknya’ Tucson. SUV baru ini akan memiliki dimensi lebih kecil dari Hyundai Tucson dan dipastikan memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan kompetitor. [Amo/Ikh]