Garansindo: 2019 Babak Baru Sepedamotor Listrik di Indonesia

Gesits
Presiden Joko Widodo sedang mengendarai GESITS

JAKARTA — Kehadiran sepedamotor listrik GESITS untuk dijual secara resmi tinggal 1-2 bulan lagi. PT Gesits Technologies Indo (GTI) menyatakan awal 2019 akan menjadi babak baru bagi Indonesia.

“Tanggal pastinya kami akan umumkan, tapi saat ini kami baru bisa mengatakan Januari atau Februari 2019 GESITS (Garansindo Electric Scooter ITS) akan diluncurkan ke pasar Indonesia,” kata Harun Sjech, CEO GTI — anak perusahaan Garansindo Group.

Pada 7 November 2018, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah mencoba sendiri Gesits di dalam kawasan Istana Negara, Jakarta. Bahkan Jokowi akan menjadi pembeli pertamanya [baca: Saya Akan Jadi Pembeli Pertama Motor Listrik Gesits].

GESITS sendiri merupakan langkah awal transformasi Garansindo Group dari authorized distributor (distributor resmi atau agen pemegang merk) Fiat Chrysler Automobiles (Jeep, Dodge, Fiat, Alfa Romeo, Chrysler) menjadi brand principal atau owner. Selama 1 dekade Garansindo Group memegang ijin distribusi kendaraan-kendaraan FCA di Indonesia.

“Tahun ini kami melepas lisensi Jeep dan kawan-kawan, tepat sepuluh tahun Garansindo memegang. Kini saatnya kami bertransformasi. Sebenarnya sejak 2014 kami mulai mengarah ke pengembangan sepedamotor listrik dengan belajar ke Jerman, China hingga Italia. Akhirnya kami putuskan untuk menggandeng produsen sepeda listrik ternama ItalJet (berdiri 1959) untuk mensupervisi pengembangan GESITS,” kata Muhammad Al Abdullah, founder & CEO Garansindo Group.

Dalam perjalanannya, Garansindo Group menggandeng sejumlah sejumlah perguruan tinggi negeri dan BUMN (Badan Usaha Milik Negara: ITS (Institut Sepuluh November Surabaya), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Sebelas Maret (UNS), PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi (WIKON), PT Pindad, PT Len Industri, PT Pertamina, PT Telekomunikasi Indonesia.

GESITS akan diproduksi di pabrik PT Wijaya Manufakturing (WIMA) di Cileungsi, kabupaten Bogor. WIMA sendiri merupakan joint venture antara WIKON dan GTI.

Nantinya, ketika dipasarkan, baterai GESITS dapat dijumpai di SPBU Pertamina atau toko-toko retail sehingga memudahkan para pemiliknya tanpa harus mengisi daya baterai di rumah atau kantor.

Durasi pengisian baterai sekitar 3 jam. Ketika Anda mengendarai GESITS dengan kondisi baterai 100% maka bisa menjangkau jarak 70 kilometer atau lebih jauh dari Honda PCX Electric (sekitar 40 km).

“Tahun depan, Garansindo akan menjadi game changer di industri sepedamotor. Dan ini dimulai dari kami. 2019 akan menjadi babak baru industri sepedamotor listrik di Indonesia,” tambah Al Abdullah. [Idr]