Fakta dan Citra Wuling Confero di Indonesia

Fakta dan Citra Wuling Confero di Indonesia
Wuling Confero di showroom Wuling SM Raja, Medan (Foto: Ikhsan)

MEDAN – Kehadiran Wuling Confero untuk memberikan pilihan berkendara masyarakat Indonesia. Belum banyak tahu jika mobil asal China punya berbagai keunggulan. Ini yang menjadi “PR” bagi PT SGMW Motor Indonesia.

Salah satu strategi untuk menyakinkan adalah melakukan pendekatan secara intens kepada calon konsumen.

Yansen, Kepala Cabang Wuling SM Raja menjelaskan untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat luas, Wuling Motors Medan mengajak berbagai kalangan untuk melakukan test drive Wuling Confero.

Langkah tersebut untuk membuktikan jika PT SGMW Motor Indonesia tak salah memasarkan low MPV yang bisa diandalkan masyarakat Sumut untuk melakukan mobilitas sehari-hari. Tak kalah penting juga harga jualnya lebih terjangkau dari merk kompetitor.

“Pendekatan kami agak berbeda, ada beberapa hal-hal kecil yang kami lakukan di sini. Contohnya seperti unit test drive. Kami punya dua unit test drive yang kami manfaatkan untuk membuktikan ke calon konsumen. Dan dua unit experience ke instansi pemerintah. Ini artinya “fakta melawan imej (citra)”, tidak bisa dengan kata-kata, harus merasakan langsung. Fakta mobil kami (Confero) itu bagus, imej/citra mobil China jelek. Selama ini kami berusaha membentuk imej bahwa Confero itu bagus,” kata Yansen di Medan.

Wuling Confero dibekali mesin 1.5-liter, empat-silinder, DOHC, D-VVT dan terjun di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Mesin itu untuk menggerakkan kedua roda belakang. Di segmennya hanya tiga merk menggunakan sistem RWD yaitu Avanza-Xenia dan Confero.

Di satu sisi, banyak calon konsumen mempertanyakan konsistensi Wuling di Indonesia. Pihak Wuling Motors Medan sendiri banyak mendapat pertanyaan seberapa serius merk China di dalam negeri. Wajar berbagai pertanyaan dilontarkan banyak masyarakat setempat.

“Kami sering dapat pertanyaan bagaimana sparepart dan service. Dan apakah Wuling bakal bernasib sama dengan mobil merk China sebelumnya. Apakah cuma jual dan setelah itu pergi,” Yelas Jansen menirukan ucapan calon konsumen.

Dalam hal ini, Wuling Motors Medan meyakini calon konsumen bahwa Wuling Confero muncul untuk memberikan pilihan berkendara masyarakat Indonesia.

Untuk diingat, PT SGMW Motor Indonesia punya target 50 dealer diresmikan sampai akhir 2017. Jumlah dealer tersebut akan terus bertambah mengingat Indonesia menurut Wuling sangat potensial untuk meningkatkan volume penjualan Wuling di dunia.

Di Medan, Wuling Confero menjadi mobil impian keluarga baru dan masyarakat yang ingin menambah kendaraan pribadi. Rudi Adiyta, Sales Manager Wuling Motors Medan menegaskan banyak calon konsumen menerima informasi Wuling dari media nasional sebelum peluncurannya di Indonesia.

“Saat Wuling ingin masuk Indonesia, mereka sudah banyak yang tahu dari berbagai media. Akhirnya pada saat menjelaskan tidak ada kesulitan karena kosumen sudah banyak tahu. Kami hanya menjelaskan kelebihan-kelebihan Confero dari kompetitor,” tutup Rudi. [Ikh]