Clementine, Kapal Pesiar Revolusioner Share this

Clementine, Kapal Pesiar Revolusioner

Denny Basudewa
pada 17 April 2018

SODERTALJE – Kapal pesiar kolaborasi A2V dengan Scania hasilkan karya revolusioner yang mengagumkan.

Kapal pesiar pada umumnya menawarkan kenyamanan dalam melakukan perjalanan di laut. Selain itu, kendaraan tersebut juga menyajikan berbagai kemewahan sehingga disukai oleh para pesohor, hingga taipan dari berbagai negara, sebagai alat transportasi andalan.

Spesialis pembuat kapal asal Perancis Advanced Aerodynamic Vessels (A2V), merancang alat transportasi air, dengan desain tidak biasa namun sangat hemat bahan bakar. Hal ini dapat terwujud berkat penggunaan dua mesin Scania, dimana mampu menghasilkan tenaga sebesar 600 hp.

Mesin tersebut diklaim sangat tangguh dan memiliki bobot yang sangat rendah. Kapal yang dapat menampung 25 orang penumpang, juga didukung dengan bentuk nan aerodinamis, sehingga mampu menciptakan konsumsi bahan bakar ideal.

Teknologi yang diciptakan A2V diklaim sangat revolusioner. Kapal mereka hanya membutuhkan 9 liter/100 km per penumpang. Hasil ini dikatakan serupa dengan melakukan perjalanan menggunakan mobil.

“Kebutuhan bahan bakar dari Clementine, hampir sama dengan konsumsi bahan bakar yang digunakan oleh mobil,” ujar Lionel Huetz selaku Direktur marketing A2V.

Bentuknya yang tidak lazim seperti kapal pesiar pada umumnya, membuat kendaraan ini layaknya melayang dari perairan. Dikatakan bahwa Clementine dirancang selama lebih dari enam bulan.

Kapal pesiar Clementine pertama kali di uji coba adalah pada 2015. Bentuknya mengingatkan kita dengan sayap pesawat, namun produk terbaru mereka diainggap sudah sangat memenuhi semua harapan.

“Kami berhasil mengoptimalkan hambatan udara di sekitar kapal, sehingga rasanya seperti naik pesawat terbang. Jelas Gianluca Guelfi yang merupakan salah seorang mitra A2V. [Dew/Ari]


Komentar