Ekspor Honda Vario dan BeAT Melejit di 2018 Share this
Berita Motor
Mode baca

Ekspor Honda Vario dan BeAT Melejit di 2018

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 24 January 2019

JAKARTA - Honda Vario series dan BeAT menjadi dua produk utama yang melejitkan ekspor PT Astra Honda Motor (AHM) selama 2018.

Tahun lalu, PT AHM tercatat melakukan perbaikan dalam rangka meningkatkan jumlah ekspor Vario dan BeAT. Jika di 2017 hanya mampu mengirim sebanyak 31.008 unit, maka pada 2018 mereka mampu mendongkraknya menjadi 60.308 unit baik secara CBU maupun CKD.

Torehan ini membuat persentase ekspor, khususnya Vario series melonjak pesat hingga 94% dibanding tahun sebelumnya. Line up Honda Vario series dan BeAT berkontribusi besar dalam pencapaian ekspor sebanyak 402.102 unit di 2018 dan turut serta meningkatkan 48% pencapaian keseluruhan ekspor PT AHM di 2018.

Model matik masih mendominasi dengan jumlah total ekspor 193.958 unit. Diikuti tipe motor bebek 168.927 unit dan sport sebanyak 39.217 unit. Kurniawati Slamet, General Manager Overseas Business PT AHM mengatakan permintaan yang tinggi dari pasar ekspor terhadap sepeda motor Honda buatan Indonesia mencerminkan daya saing produk dan kepercayaan terhadap kualitas produk sepeda motor terbaik karya anak bangsa.

"Salah satunya Honda Vario series yang tidak hanya disukai di dalam negeri tapi juga di pasar ekspor. Pencapaian 2018 ini akan mendorong kami untuk meningkatkan ekspor di tahun ini dengan modal utama model-model berkualitas karya anak bangsa," ujar Kurniawati.

Honda Vario series berteknologi eSP mampu memberikan keseimbangan antara performa yang optimal serta irit BBM. Sekaligus membuktikan bahwa model tersebut tak hanya digemari pasar dalam negeri, melainkan juga memikat konsumen luar negeri seiring angka ekspor yang terus meningkat hampir dua kali lipat.

Selain Honda Vario series, AHM juga berhasil memasarkan beberapa model sepeda motor buatan anak bangsa lainnya di pasar ekspor. Antara lain Honda BeAT series Supra GTR150, Honda Blade, Honda Sonic 150, Honda CRF, Honda CBR series dan Honda CB150R Streetfire.

Pengiriman ekspor secara CBU tersebar di negara Filipina dan Bangladesh. Sedangkan dalam bentuk CKD, produk sepeda motor karya anak bangsa sudah dikirim ke Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand dan Kamboja. [Ary/Ari]


Komentar