Mobil Legendaris Italia Jadi Mahakarya Seni Dunia

Fiat 500
Fiat 500

NEW YORK – Fiat 500 dipilih menjadi salah satu koleksi terbaru Museum of Modern Art.

Fiat 500 telah menjadi salah satu mobil khas Italia dan dicintai oleh konsumen dunia. Dalam rangka merayakan hari jadi ke-60, mobil legendaris ini menjadi salah satu koleksi terbaru milik Museum of Modern Art (MoMA) di New York, AS.

Mobil ikonik ini dipilih sebagai salah satu bentuk penghargaan untuk sejarah, style dan desain yang sangat dikenal oleh konsumen dunia.

“Fiat 500 tidak perlu diragukan lagi sejarahnya di dunia otomotif. Pada ulangtahun ke-60 ini, 500 telah menjadi salah satu mahakarya dunia, menjadi salah satu koleksi dan menjadi ikon serta telah medapatkan sertifikasi dari MoMA berkat sisi artistik dan sejarahnya,” tutur Olivier Francois, Head of FIAT Brand and Chief Marketing Officer, FCA-Global.

Fiat 500

Seri Fiat 500 F menjadi pilihan MoMA karena merupakan seri paling populer dan diproduksi pada 1965-1972. Sejak awal diluncurkan, mobil mungil ini langsung menuai kesuksesan dengan berbekal mesin 500cc yang memiliki tenaga 18 hp dan kecepatan maksimal 95 kpj.

Total 4 juta unit telah diproduksi pada 1957-1975, mulai dari new 500 pada akhir era 1950, varian Sport dan varian D yang lebih bertenaga. Kemudian Fiat melahirkan 500 varian F yang paling banyak diproduksi, varian paling nyaman yaitu 500 L dan varian terakhir yaitu 500 R.

Seiring dengan berjalannya waktu, Fiat 500 tidak hanya menjadi simbol mobil massal melainkan telah menjadi ikon style dan desain. Desain mobil ini telah memberikan inspirasi lebih berkat adanya interpretasi elegan, eksklusif dan sporty.

Mobil ini sangat identik dengan anak muda dan hingga saat ini masih cocok dipadukan dengan sejarah, gaya hidup, fashion serta masyarakat luas meski telah berusia 60 tahun. Fiat 500 merupakan mobil yang sukses di pasar dunia, fenomena selama 60 tahun dan memiliki desain timeless.

Fiat 500 telah menjadi simbol kreativitas Italia di mana selalu memberikan inspirasi bagi seniman dan desainer dunia serta telah menjadi ikon kecantikan dan seni. [Amo/Ikh]