Bugatti Chiron Pecahkan Rekor Dunia

Bugatti Chiron
Juan Pablo Montoya ketika mengemudikan Bugatti Chiron

MOLSHEIM – Bugatti Chiron berhasil melaju 0-400-0 kpj dalam waktu 41,96 detik dan catatan tersebut merupakan rekor baru.

Bugatti bersama dengan mantan pembalap Formula 1, Juan Pablo Montoya berhasil membuktikan performa hypercar tercepat di dunia. Berlokasi di jalan bebas hambatan dengan kondisi cuaca panas dan berangin tidak mengurangi performa Chiron sama sekali.

Pada 2010, Bugatti telah mencatatkan rekor kecepatan maksimal untuk pertama kalinya di Seville, Spanyol. Saat itu menggunakan Bugatti Veyron Super Sport Coupe berhasil mencatatkan rekor tersebut dengan melaju 0-318-0 kpj.

Pada proses uji coba untuk rekor baru itu sendiri, tim SGS-TUV Saar turut hadir guna menjadi saksi dan mematenkan momen bersejarah tersebut. Sebelum memulai uji coba, Pablo Montoya menggunakan mode Top Speed yang menurut spesifikasi mampu menempuh kecepatan maksimal 380 kpj.

Sebelum memulai menginjak pedal gas, Montoya mengaktifkan fitur Launch Control. Ketika proses pengujian dimulai, mesin W16 8.0-liter ini langsung menyemburkan tenaga dan torsi secara maksimal.

Berkat adanya fitur traction control dan ESC (Electronic Stability Control), Bugatti Chiron dapat melaju dengan maksimal. Akselerasi Chiron dimaksimalkan oleh Montoya dan tidak terjadi ‘turbo lag’ sama sekali.

Kedua turbocharged yang telah disematkan di Chiron aktif pada 3.800 rpm sehingga membuat akselerasi maksimal. Hypercar ini juga menggunakan ban Michelin dan rem Tarmac guna mendukung performa mobil super cepat ini.

Bugatti Chiron

Montoya berhasil mencapai kecepatan 400 kpj dalam waktu 32,6 detik dan jarak tempuh 2.621 meter. Setelah mencapai kecepatan maksimal tersebut, Pablo Montoya segera menginjak pedal rem sedalam-dalamnya.

Ketika pedal rem diinjak, 0,8 detik kemudian sayap belakang berukuran 1,5 meter ini langsung merespon dengan mengubah kemiringan sayap menjadi 49 derajat. Respon sayap belakang tersebut bertujuan untuk membantu sistem pengereman.

Dari 400-0 kpj, Bugatti Chiron memakan waktu 9,3 detik dan jarak tempuh 491 meter.

“Chiron ini sangat cepat dan membuat adrenalin Anda meningkat dan ketika braking terasa sangat luar biasa. Hypercar ini sangat stabil dan konsisten. Saya sangat terhormat dapat mengambil bagian pada proyek ini,” tutur Juan Pablo Montoya.

Berikut video uji coba Chiron bersama dengan Juan Pablo Montoya.

Bugatti Chiron telah diproduksi sebanyak 500 unit dan telah habis terjual. Melalui Chiron, Bugatti akan meneruskan tradisi untuk menciptakan super sports car terbaik di dunia. [Amo/Ikh]