Bercengkerama Seharian Bersama All-new Mazda CX-9

all-new Mazda CX-9
all-new Mazda CX-9

JAKARTA – All-new Mazda CX-9 menjadi teman setia Otospirit.com, dalam perjalanan media drive yang diselenggarakan PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku distributor Mazda di Indonesia.

Sejak pertama kali dikenalkan pada 2009, all-new Mazda CX-9 saat ini merupakan generasi ketiga. Selain mengalami perubahan pada bodi yang menganut bahasa desain KODO – Soul of Motion, jantung pacu kendaraan dipangkas menjadi 2.5-liter, namun disokong turbocharger guna mengimbangi bodinya yang cukup besar.

KODO – Soul of motion telah menjadi ciri khas semua produk-produk terbaru, dari pabrikan berlambang sayap tersebut. Hal tersebut berimbas pada “rasa” yang sama, dalam mengemudikan semua model Mazda.

Eksterior

all-new Mazda CX-9
all-new Mazda CX-9

Seperti disebutkan di atas, Mazda mengembangkan seluruh produk terbarunya dengan bahasa desain KODO – Soul of motion. Mobil berdimensi PXLXT (5.057 mm x 1.969 mm x 1.747 mm) mengalami sedikit penyusutan dari generasi sebelumnya, terlebih terdapat pengurangan bobot total kendaraan, sehingga dikatakan dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Meskipun panjang keseluruhan all-new Mazda CX-9 berkurang sekitar 22 mm, namun jarak sumbu roda mobil ini justru bertambah 55 mm. Hal ini tentunya berimbas pada kenyamanan dalam kabin, karena kapasitas mobil menjadi lebih lapang, baik untuk pengendara maupun penumpang.

All-new Mazda CX-9 dilengkapi dengan fitur Adaptive LED Headlights (ALH). Fitur ini dapat membantu pengendara meningkatkan visibilitas, terutama pada malam hari. Teknologi lampu utama pada kendaraan tersebut juga bisa diatur agar tidak membuat silau pengendara dari lawan arah.

Karena menganut paham yang sama pada setiap modelnya, SUV tujuh penumpang tersebut terlihat mirip dengan all-new CX-5. Hanya saja bodi all-new CX-9 lebih panjang jika dilihat dari samping.

Interior

Masuk ke dalam kabin all-new Mazda CX-9, kesan pertama yang didapatkan adalah kenyamanan a la sedan mewah. Balutan kulit lembut berwarna beige menambah kesan mewah pada interior SUV 7-penumpang tersebut.

All-new Mazda CX-9 menawarkan monitor 8” layar sentuh sebagai hiburan di dalam kendaraan. Lebih jauh lagi mobil ini telah dijejalkan 12 speaker dan 1 buah subwoofer dari Bose. Konsumen yang menggunakan generasi terbaru dari Mazda CX-9 akan merasakan pengalaman baru dalam menikmati perjalanan.

all-new Mazda CX-9
all-new Mazda CX-9

Fitur terbaru yang ditawarkan pada all-new Mazda CX-9 adalah head up display. Mereka menamakannya Active Driving Display (ADD), dengan tampilan full color yang diproyeksikan langsung ke kaca depan.

Sebagai SUV paling mewah dari produk-produk Mazda lainnya, CX-9 dilengkapi dengan berbagai fitur teratas yang membuat konsumen semakin nyaman dalam kendaraan. Seluruh tombol pada bagian depan interior mobil ini, dapat dijangkau dengan mudah oleh tangan tanpa merubah posisi duduk.

Hal ini bisa dilakukan jika pengendara pada khususnya menerapkan posisi berkendara, mode Jinba-Ittai. Adapun produk-produk terbaru Mazda, merupakan mobil yang sangat menyenangkan dikendarai.

Pada baris kedua posisi penumpang cukup nyaman meskipun dihuni oleh orang dewasa sekalipun. Hanya saja pada baris ketiga, penumpang dewasa terasa kurang nyaman karena terbatasnya ruang. Kabin pada bagian ini nampaknya hanya cocok untuk anak kecil.

Mesin

All-new Mazda CX-9 dikatakan menggunakan mesin bakar Skyactiv-G 2.5 T yang dikembangkan dari CX-5. Bedanya pada SUV mewah ini, jantung pacu kendaraan dilengkapi dengan turbo. Sehingga besaran kompresi a la Mazda yang biasanya terpatok 13:1, pada CX-9 kompresi mesin dipatok 10,5:1.

Penggunaan turbo pada all-new Mazda CX-9 sendiri disebut-sebut merupakan jenis baru. Turbin yang berbentuk seperti rumah keong tersebut, didesain lebih canggih dari sistem turbo pada umumnya.

all-new Mazda CX-9
all-new Mazda CX-9

Turbocharger pada all-new Mazda CX-9 memiliki dua fungsi sehingga dapat memaksimalkan pembakaran mesin. Pada putaran rendah, aliran gas buang dari mesin dipadatkan melalui ruang kecil pada pipa exhaust yang menuju turbin.

Kemudian ketika mesin memasuki putaran tinggi, terdapat katup yang akan terbuka. Hal ini diklaim membuat kinerja turbin lebih maksimal. Pihak Mazda mengatakan cara kerja turbo seperti di atas, layaknya mesin dengan sokongan dua buah turbo.

Mesin Skyactiv-G 2.5 T milik all-new Mazda CX-9 diklaim tidak memiliki gejala lag, karena menggunakan sistem pembakaran yang unik. Mobil ini dikatakan mampu mendapatkan torsi besar sejak 1600-an rpm.

Namun apa yang kami rasakan memang akselerasi SUV Premium Mazda terbarunya jauh lebih responsif. Terutama saat menggunakan mode berkendara sport, ketika beralih ke mode normal maka respon antara bukaan gas dengan kerja mesin terdapat sedikit delay.

All-new Mazda CX-9 sendiri disebutkan mampu menelurkan tenaga maksimal sebesar 228 hp pada 5.000 rpm, serta torsi 420 Nm pada 2.000 rpm. Mesin ini hanya bekerja secara optimal dengan penggunaan bahan bakar beroktan RON 95.

Safety

All-new Mazda CX-9 juga dijejalkan fitur keselamatan paling mutakhir yakni i-Activesense. Fitur ini memaksimalkan kemampuan pengemudi dalam mengoperasikan kendaraan. Sejumlah teknologi keselamatan pada kendaraan juga mampu mereduksi terjadinya kecelakaan.

Adapun fitur-fiturnya seperti Adaptive LED Headlights (ALH), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross-Traffic Alert (RCTA), Lane-Departure Warning System (LDWS), Lane-keep Assist System (LAS), Smart City Brake Support [Forward/Reverse] (SCBS F/R), Driver Attention Alert (DAA), Dynamic Stability Control & Traction Control System (DSC/TCS), Antilock Brake System (ABS).

Kesimpulan

Kami menguji all-new Mazda CX-9 selama seharian mengitari ramainya lalu lintas Ibukota rasanya kurang memuaskan. Kami hanya menikmati berbagai fitur entertainment dalam kendaraan, sambil dimanjakan dengan pengendalian yang ramah bagi pengemudi.

Jok yang tebal dan lapisan kulit yang lembut membuat kami tidak mudah lelah menjalani rute yang sangat padat.

Baik pengendara maupun penumpang (setidaknya hingga baris kedua), dapat merasakan nyamannya menaiki kendaraan buatan Jepang, namun berkelas layaknya SUV Eropa. Upaya Mazda menghadirkan kendaraan yang nyaman, terasa dari pengendalian mobil dan bantingan suspensi nan mumpuni.

All-new-Mazda-CX-9
All-new-Mazda-CX-9

All-new Mazda CX-9 dipasarkan dengan banderol Rp 798.800 juta on-the-road Jakarta. Terdapat penambahan sebesar Rp 4 juta jika konsumen memilih warna khusus Soul Red dan Machine Grey. Dikatakan bahwa dengan banderol di bawah 1 miliar, SUV Premium Mazda ini lebih baik daripada mobil yang kelasnya berada di atas CX-9.

Penggunaan mesin 2.5-liter juga membuat penggunaan bahan bakar cukup bersahabat. Seperti saya katakan di atas, Mazda menawarkan perasaan yang sama dalam hal pengendalian kendaraan, untuk setiap model terbarunya.

Maka tidak heran jika kami layaknya mengendarai produk Mazda lainnya seperti CX-5, CX-3 dan Mazda6. Namun pada all-new CX-9, Kami merasakat fungsi suspensi terlalu lembut, sehingga ketika melakukan manuver di jalan bebas hambatan atau tol, mobil terasa sedikit terlambat memberikan respon.

Hal ini dikarenakan bodi all-new Mazda CX-9 yang cukup gambot. Mereka juga menerapkan konsep flat drive sehingga meminimalisir guncangan ketika melalui jalan bergelombang. Jika Anda lebih menyukai kepraktisan dan kelincahan pada sebuah SUV, CX-5 adalah kendaraan yang tepat. Sementara CX-9 lebih cocok untuk konsumen yang mencari kenyamanan hakiki dari sebuah kendaraan. [Dew/Ari]