Beli Mobil Semudah Beli Minuman Kaleng

SINGAPURA – Di Indonesia, mesin minuman mungkin sudah menjadi hal yang umum ditemukan. Namun kalau mesin penjual mobil? Sepertinya baru ada di Singapura.

Adalah Autobahn Motors Singapura yang melakukan terobosan baru ini. dealer mobil-mobil super mewah ini menciptakan ‘mesin penjual mobil mewah terbesar di dunia’. Terbesar di dunia karena mesin penjual tersebut mampu menyediakan puluhan unit mobil mewah.

Mesin yang disebut dengan Automotive Inventory Management System (AIMS) ini terdiri dari 15 lantai dan terdiri dari dari empat kolom. Total, mesin ini mampu menampung sedikitnya 60 mobil super mewah.

Untuk memasukkan mobil ke dalam gedung tersebut, pengemudi hanya perlu membuka pintu lift, masukkan mobil dan parkirkan. Pengemudi kemudian menggunakan tablet untuk memilih tempat yang kosong. Kemudian mobil akan naik untuk masuk ke tempat yang sudah ditentukan. Seluruh proses untuk memasukkan dan mengeluarkan mobil hanya membutuhkan waktu satu hingga dua menit saja.

Kehadiran mesin penjual mobil di Singapura mungkin bukan hal yang aneh. Pasalnya, di negara tersebut harga tanah memang sangat tinggi. Maka tidak heran bila Autobahn berinisiatif untuk mengefisiensikan lahan yang dimilikinya.

Jika dibandingkan dengan di Indonesia, kondisi tersebut mungkin terbilang berbanding terbalik. Pasalnya dealer-dealer di Indonesia kebanyakan berusaha untuk membangun dealer yang luas sehingga bisa memberi kenyamanan lebih pada para pelanggannya. [Adi/Ikh]

Comments