Audi A8 L dan RS 5 Coupe Menggoda di GIIAS 2018 Share this
Mobil Baru
Mode baca

Audi A8 L dan RS 5 Coupe Menggoda di GIIAS 2018

Insan Akbar
oleh Insan Akbar
pada 05 August 2018

Foto: Audi A8 L dan RS 5 Coupe menggoda di GIIAS 2018

TANGERANG – Audi A8 L serta RS 5 Coupe dengan harga miliaran rupiah meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 untuk menggoda orang-orang berdompet sangat tebal.

GIIAS 2018, yang berlangsung pada 2 – 12 Agustus di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang menjadi kesempatan bagi Audi mengaspalkan A8 L plus RS 5 Coupe. Di Indonesia, A8 L dibanderol Rp 2.950.000.000,00 on-the-road Jakarta sedangkan RS 5 Coupe dijual Rp 2.635.000.000,00.

“Baik A8 L maupun RS 5 Coupe merupakan dua produk terbaik yang mengusung filosofi Vorsprung durch Technik khas Audi. Keduanya menunjukkan desain kendaraan Audi yang stylish, chassis teknologi tinggi di balik badannya serta kekuatan mesin yang menyuguhkan performa istimewa,” tukas Andrew Nasuri, CEO PT Garuda Mataram Motor, distributor Audi dan VW di Indonesia.

Generasi ke empat saloon premium Audi A8 L merupakan model flagship yang mengusung berbagai keunggulan teknologi terbaru Audi. A8 memiliki bahasa desain eksterior Audi terbaru, interior dengan konsep pengoperasian layar sentuh inovatif, hingga teknologi mild hybrid yang mendukung performanya.

Desain A8 L menampilkan garis-garis desain baru untuk mobil-mobil Audi di masa mendatang. Sosok single frame grille di bagian depan tampil lebih tegas, dengan garis-garis tubuh berotot mengalir dinamis sehingga menggambarkan kemewahan, kesan sporty, canggih, dan progresif. Pada Audi A8 L, dengan jarak sumbu-roda (wheelbase) lebih panjang 13 cm dari A8 standar demi menawarkan ruang kabin lebih lapang dan nyaman.

Tak sekedar lapang, kabin A8 L pun menyuguhkan desain interior jauh lebih modern dan canggih. Dashboard dan panel instrumen kini lebih sedikit terdapat tombol, digantikan layar sentuh 10,1 inci yang tampil menyatu dengan dashboard.

Di balik kap mesinnya, Audi menyuguhkan mesin V6 Turbo 3.0 TFSI bertenaga puncak hingga 340 hp. Tenaga tersebut diteruskan ke sistem gerak-empat-roda permanen quattro melalui transmisi otomatis 8-speed tiptronic.

Untuk pertama kalinya, A8 dilengkapi pula teknologi mild hybrid electric vehicle (MHEV) sebagai fitur standar. Teknologi ini menjadikan A8 mampu berjalan konstan dengan mesin mati dan dapat dinyalakan kembali dengan proses yang halus.

Teknologi ini juga memiliki fungsi start/stop dan sistem penyimpanan energy hingga 12 kW yang menjadikan Audi A8 dapat menghemat bahan bakar hingga 0,7 liter setiap 100 km.

Audi RS 5 Coupe

RS 5 Coupe merupakan model pertama Audi dengan garis desain keluarga RS terbaru. Desain RS 5 Coupe sendiri terinspirasi detail model balap Audi 90 quattro IMSA GTO.

Di bagian depan, air vent berukuran besar dengan struktur sarang madu (honeycomb) menjadi ciri khas utama model RS. Grille model singleframe lebih lebar dan datar dibandingkan Audi A5 sebagai base model-nya. Di bagian belakang, bumper telah dilengkapi dengan diffuser dan lip spoiler di bagian pintu bagasi.

Sejatinya sebuah sportscar, Audi RS 5 Coupe dimodali mesin V6 biturbo 2.9 TFSI yang menyuguhkan peningkatan performa dan efisiensi dibandingkan RS 5 generasi sebelumnya. Tenaga puncak 450 hp dan torsi maksimal hingga 600 Nm pada 1.900 – 5.000 rpm membuat mobil ini mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 3,9 detik dan kecepatan maksimal hingga 280 km/jam.

“RS 5 Coupe menawarkan coupe berperforma tinggi yang mengombinasikan nilai-nilai desain elegan dan kemudahan dikendarai sehari-hari. Mesin V6 biturbo yang diusungnya tak hanya memberi keunggulan performa namun juga efisiensi yang optimal,” papar Andrew. [Xan/Ari]


Komentar