Aston Martin DB11 Mulai Diproduksi, Inden Tembus 3.000 Unit Share this
Mobil Baru
Mode baca

Aston Martin DB11 Mulai Diproduksi, Inden Tembus 3.000 Unit

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 29 September 2016

Foto: Andy Palmer, CEO Aston Martin menghadiri produksi pertama DB11

GAYDON -  Konsumen Aston Martin DB11 dapat informasi baru. Perusahaan otomotif asal Inggris itu telah memproduksi sports car tersebut. DB11 menandakan kebangkitan Aston Martin yang berdiri sejak 103 tahun silam.

DB11 mulai masuk jalur produksi Aston Martin di Gaydon, Inggris pada Rabu (28/9) waktu setempat. Perusahaan memastikan pengiriman pertama akan berlangsung awal bulan depan yang tersebar di sejumlah negara.

Proses produksi unit pertama dihadiri oleh Andy Palmer, CEO Aston Martin. Ia memastikan akan menjamin kualitas 1.000 unit sport car mesin kapasitas 5.2-liter V12 tersebut.

Padahal sejak diluncurkan pada Geneva Motor Show, Maret tahun ini, sport coupe konfigurasi kursi 2+2 ini telah menerima daftar inden melebihi 3.000 unit di muka bumi. Dan cukup sukses sebagai sports car pendatang baru.

"Ini adalah momen yang paling membanggakan bagi kami Aston Martin ketika mobil pertama dari model DB11 masuk ke jalur produksi. Aston Martin DB11 2017 adalah mobil khusus dan era baru dari perusahaan Aston Martin," kata Andy dalam keterangan resmi.

Aston Martin DB11 Aston Martin DB11 di line produksi

DB11 hanya akan diproduksi sebanyak 1.000 unit di dunia. Dari inden mencapai 1.000 unit tersebut diyakini ada atas nama konsumen Aston Martin DB11 yang berdomisili di Indonesia.

Endy Kusumo, COO Aston Martin Jakarta (AMJ) selaku authorized distributor Aston Martin sempat menjanjikan bahwa konsumen di Tanah Air baru akan menerima Aston Martin DB11 2017 mulai Februari tahun depan (secara bertahap).

DB11 menyimpan mesin V12 yang mampu melontarkan tenaga hingga 600 hp dan torsi puncak mencapai 700 Nm, alhasil mampu menggerakkan bergerak dari 0-100 kpj dalam hitungan waktu 3,9 detik. Klaim perusahaan, angka spedometer sanggup menyentuh kecepatan maksimal 322 kpj.

Pengemudi kian fun-to-drive berkat girboks ZF Automatic Transmission 8-speed dan power sterring elektrik dan torqur vectoring serta adaptive damping system untuk meningkatkan kelincahan ketika bermanuver. Cukup mudah menyalakan mesin dengan hanya menyimpan remote kunci di kantung celana atau konsol tengah, setelah itu tekan tombol start/stop engine tersimpan apik di tengah dashboard.

Aston Martin DB11 adalah model pertama dari tujuh mobil baru yang akan diluncurkan selama tujuh tahun ke depan, artinya perusahaan akan meluncurkan satu model baru setiap tahunnya, sejalan dengan era baru Aston Martin yang dikenal sebagai "Second Century Plan".

Awal 2016, Aston Martin mengumumkan fasilitas perakitan kedua di Inggris Raya yang diresmikan di St Athan, Wales. Fasilitas perakitan yang memperkerjakan 1.000 karyawan itu untuk memproduksi model crossover. [Ikh]


Komentar