Ambisi Boss Nissan di Indonesia

Yutaka Sanada
Yutaka Sanada, Regional Senior Vice President, Head of Operations Committe, Asia & Ocenia Nissan Motor Corporation

JAKARTA – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menghadirkan Yutaka Sanada, Regional Senior Vice President, Head of Operations Committe, Asia & Ocenia Nissan Motor Corporation di Jakarta, Rabu (6/12/2017) siang.

Dalam kunjungannya ke Jakarta, Sanada-san bertemu dengan sejumlah jurnalis otomotif untuk membahas strategi Nissan-Datsun di Tanah Air. Menurutnya, manufaktur asal Jepang itu sudah punya rencana besar untuk pasar domestik Indonesia dalam beberapa tahun mendatang.

Rencana yang Ia anggap mutakhir adalah dengan meluncurkan sejumlah mobil baru Nissan dan Datsun yang digemari konsumen, seperti Datsun GO dan Datsun GO Plus hingga rebadge Mitsubishi Xpander untuk memperbaiki performa bisnis Nissan di dalam negeri.

Terpenting, bagi Ia adalah mendukung penuh rencana Nissan-Datsun dengan menghadirkan mobil-mobil yang memiliki fitur dan teknologi mutakhir. Terkait waktu peluncuran mobil baru itu sendiri, Sanada-san belum bisa memastikan kapan.

“Saya tidak bisa spesifik mengatakan bulan apa dan tahun apa, hanya secepatnya. Saya pikir kami punya dua produk, Datsun Go dan Go plus, yang tidak hanya dijual di Indonesia, tapi juga di India, Rusia dan Afrika Selatan,” kata Sanada-san.

Fitur dan teknologi mutakhir dimaksud pria yang bergabung dengan Nissan pada 1991 adalah Nissan Intelligent Mobility meliputi Intelligent Power, Intelligent Driving dan Intelligent Integration. Fitur-fitur tersebut seperti diketahui memiliki peran penting untuk mobil-mobil Nissan di masa depan.

“Yang lebih dikenalkan Nissan adalah bagaimana membawa inovasinya secara pasti dan relevan terhadap teknologi dan fitur yang ada. Ini lebih kepada difresiensi dalam memasuki ke pasar otomotif Asia Pasific (termasuk Indonesia),” jelasnya.

Sanada-san percaya diri teknologi- teknologi tersebut akan diterima konsumen karena terbukti menyenangkan dan meningkatkan keselamatan penghuni kabin.

Di samping itu, NMI juga terus meningkatkan mutu aftersales Nissan-Datsun guna memberikan kenyamanan setiap konsumen. “Secara bertahap kami mengembangkan tidak hanya produk, tapi sampai ke aftersales hingga konsistensi kami di Indonesia. Fokus kami adalah kualitas (produk dan pelayanan),” jelasnya.

NMI sendiri bermimpi untuk kembali masuk lima besar APM (agen pemegang merek) dengan penjualan terbesar. Dalam data Gaikindo, lima produsen dengan penjualan terbesar sejak 2012 adalah Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki dan Mitsubishi. [Ikh]