All-new Jeep Wrangler Jeblok di EURO NCAP

LONDON – EURO NCAP baru saja mengeluarkan hasil tes tabrak terbarunya, secara mengejutkan generasi terbaru dari Jeep Wrangler hanya mendapat 1 dari total 5 bintang yang bisa diraih.

Artinya SUV asal negeri Paman Sam tersebut dianggap tidak aman bagi pengguna, penumpang baik anak-anak maupun dewasa. Mobil yang terkenal andal di jalan aspal maupun tanah ini dianggap tidak bisa melindungi penumpang di dalam seandainya terjadi kecelakaan.

Dengan kata lain, mobil berpenampilan sangar dan gagah ini tidak tidak cukup aman. Selain itu, SUV yang kerap dipakai di kegiatan offroad juga tidak bisa melindungi pejalan kaki atau pedestrian ketika terjadi insiden.

Dikatakan bahwa sebenarnya EURO NCAP tidak memberikan nilai sangat buruk pada all-new Jeep Wrangler. Namun karena sebagai mobil baru, mereka sangat menyayangkan ketiadaannya fitur keselamatan aktif seperti Automatic Emergency Braking dan Lane Asistance.

Absennya dua fitur tersebut yang membuat all-new Jeep Wrangler mendapatkan hanya 1 bintang dari EURO NCAP. Hasil ini cukup mengerikan karena sekelas SUV yang memiliki banderol cukup mahal, namun tidak bisa mengurangi atau mencegah terjadinya fatalitas ketika kecelakaan.

“Sangat disayangkan melihat mobil baru yang dijual 2018 namun tidak dilengkapi dengan brake assist dan lane assist. Melalui tes ini kami berharap Fiat-Chrysler Group bisa menambahkan kedua fitur tersebut agar bisa bersaing dengan kompetitornya,” ungkap Michiel van Ratingen selaku Sekertaris Jendral EURO NCAP. [Dew/Ari]