All-new Honda Vario 125 dan 150 Tak Gunakan Kick Starter, Ini Alasannya

JAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM), menghilangkan fitur kick starter pada all-new Vario 125 dan 150, karena mengikuti trend yang sedang berkembang.

All-new Honda Vario 125 dan 150 hadir dengan mengusung sejumlah fitur terkini, serta tampilan yang lebih modern. Motor jenis skuter matik (skutik) bernuansa sporti tersebut, diklaim lebih menyenangkan untuk dikendarai.

Meskipun telah dibekali dengan sejumlah fitur terkini, namun kedua skutik berlambang sayap mengepak tersebut, tidak lagi terlihat menggunakan kick starter seperti generasi sebelumnya. Hal ini tentunya mengundang tanya, apa alasan AHM menghilangkan fitur tersebut?.

“Dengan adanya Smart Key, kami perlu melakukan penempatan ulang pada baterai dan routing kabel-kabel elektriknya. Itu menjadi salah satu alasan dihilangkannya fitur kick starter. Kami juga melihat bahwa fitur kick starter memang sudah jarang digunakan,” ujar Shigeto Kimura, Marketing Director PT AHM, pada saat peluncuran all-new Honda Vario 125 dan 150 di Jakarta (16/04/2018).

Ia juga menjelaskan bahwa tren motor tanpa kick starter, telah digunakan pada kebanyakan produk-produk Honda. Salah satu produk terbaru mereka yang tidak lagi disematkan fitur tersebut adalah PCX 150.

“Pengembangan seluruh model-model terbaru kami tendensinya sudah mengarah ke sana. Sehingga dengan adanya Smart Key, kick starter tidak lagi diperlukan,” jelas Kimura kemudian.

All-new Honda Vario 125 dan 150, dikatakan merupakan kendaraan mengedepankan keseimbangan, antara performa yang optimal serta konsumsi bahan bakar yang irit. [Dew/Ari]