Audi Q8 Usung Fitur Quattro Sesungguhnya Share this
Mobil Baru
Mode baca

Audi Q8 Usung Fitur Quattro Sesungguhnya

Denny Basudewa
pada 07 Juni 2018

Foto: Audi Q8

SHENZEN – Audi akhirnya membuka selubung dari Q8 yang dikatakan mengusung fitur Quattro orisinil.

Keluarga baru Q series dari Audi tersebut merupakan produk pertama yang menggunakan singleframe. Selain itu pabrikan asal Jerman ini menyematkan desain bodi octagonal, dimana akan mulai diterapkan pada produk mereka selanjutnya.

Fitur terbaru yang dikembangkan pada Audi Q8 adalah sistem penggerak empat roda yang dikenal dengan sebutan Quattro. Sistem ini bekerja murni secara mekanis dengan diferensial yang menyalurkan tenaga ke roda depan dan belakang (40:60).

Jika dibutuhkan, sistem tersebut akan membagi setiap daya kepada setiap ban agar bisa mendapatkan traksi terbaiknya. Sistem penggerak empat roda dari Audi ini cukup populer pada ajang reli dunia sejak era 80-an. Ditambah lagi dengan ground clearance Audi Q8 yang mencapai 254 mm, membuat kendaraan ini mampu melibas berbagai medan.

Berbicara mengenai dimensi, Audi Q8 memiliki bodi yang lebih lebar dari Q7. Namun secara panjang dan ketinggian, Q8 sedikit lebih imut dari sang kakak. Tertera bahwa dimensi Audi Q8 (panjang X lebar X tinggi) adalah 4,990 mm X 2.000 mm X 1.710 mm.

Audi Q8 menggunakan tampilan yang benar-benar berbeda dari Q series sebelumnya. Wujud SUV bertubuh gambot ini sangat atraktif dan sangar. Garis-garis tegas pada bodi, memberikan kesan tersendiri pada produk terbaru Audi tersebut.

Dengan ruang fender yang cukup luas, Audi menjejalkan rumah roda berukuran 22”. Dikatakan sebagai Quattro sesungguhnya, Audi Q8 memiliki kontur yang kuat dan tampilan yang atletis.

Audi Q8 memiliki jarak sumbu roda nyaris 3 meter. Hal ini tentunya memberikan ruang yang lega dalam kabin. SUV terbaru Audi diyakini menawarkan ruang kabin lebih lega daripada kompetitornya. Audi Q8 menyuguhkan kursi belakang untuk tiga orang penumpang dan bisa dilipat rata. Dalam kondisi tersebut maka mobil ini mempunyai kapasitas bagasi sebesar 1.775 liter.

Melihat ke arah dasbor, Audi Q8 memiliki beberapa kemiripan dengan A8 dan Q7. Setidaknya terdapat tiga ukuran monitor meliputi 12,3”, untuk pengendara melihat beberapa instrumen kendaraan dan virtual cockpit.

Lalu ada juga monitor 10,1” untuk mengatur infotainment dan sistem navigasi. Kemudian di bawahnya terdapat layar 8,6” guna mengaktifkan Air conditioning (AC) atau penghangat jok  dan beberapa fitur penting lainnya.

Pihak Audi tidak menyertakan spesifikasi mesin yang diusung Q8. Namun mereka mengatakan bahwa SUV mereka kini telah dilengkapi dengan sistem mild hybrid technology (MHEV).

Audi Q8 mengandalkan baterai lithium ion 48-volt dan belt alternator starter. Baterai dapat terisi kembali ketika pengendara melakukan pengereman dan menambahkan daya sebesar 12 kW pada baterai.

Dari segi keselamatan, Audi Q8 menawarkan beberapa fitur seperti adaptive cruise assist, efficiency assist, crossing assist, lane change warning, curb warning dan 360-degree camera. Satu kelebihan yang utama adalah kemampuan kendaraan untuk keluar atau masuk ke garasi sendiri (semi otonom). [Dew/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
Audi Q8 Usung Fitur Quattro Sesungguhnya


Komentar