Audi H-Tron Quattro Pakai Bahan Bakar Hidrogen Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Audi H-Tron Quattro Pakai Bahan Bakar Hidrogen

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 13 Januari 2016

DETROIT - Makin menipisnya cadangan minyak bumi membuat para produsen kendaraan mencari bahan bakar alternatif, salah satu yang ada dibidikan adalah bahan bakar hidrogen. Dengan semangat itulah Audi H-Tron Quattro lahir.

Mobil konsep ini adalah sebuah mobil berbahan hidrogen dan tengah memulai debut dunia di Detroit Auto Show 2016.

Bentuknya bukan sedan, melainkan crossover dinamai Audi H-Tron Quattro consept. Konsep mobil berbahan bakar alternatif ini akan segera diproduksi untuk menjadi mobil ramah lingkungan dari Audi di masa depan.

Untuk menarik perhatian, Audi H-Tron Quattro dilaburi dengan warna cat kuning.

Menarik sekali membahas teknologinya. Audi mengandalkan fuel cell powertrain dan baterai lithium-ion seberat 60 kilogram untuk tenaga ekstra. Sistem hidrogennya bisa menghasilkan tenaga 148 hp.

Audi-H-Tron-Quattro

Tiga tangki untuk membawa hidrogen diletakkan di bawah kompartemen penumpang. Setiap tangki terdiri dari beberapa lapisan, tangki bagian dalam dari carbon fiber reinforced polymer (CFRP) dan diperkuat glass fiber reinforced polymer (GFRP).

Mobil dapat sepenuhnya mengisi bahan bakar hidrogen sekitar empat menit, untuk bergerak hingga 600 kilometer (372,8 mil).

Tersimpan motor listrik di roda depan dan belakang yang memungkinkan penggunaan mode listrik dengan sistem all-wheel drive. Audi mengklaim mobil ramah lingkungan ini bisa bergerak dari 0-100 kpj dalam waktu kurang dari 7 detik. [Ikh/Idr]


Komentar