Audi E-Tron Sportback, Desain Sporty Bertenaga Listrik Share this
Mobil Baru
Mode baca

Audi E-Tron Sportback, Desain Sporty Bertenaga Listrik

Ahmad  Richad
oleh Ahmad Richad
pada 22 November 2019

LOS ANGELES – Audi baru saja meluncurkan E-Tron Sportback bertenga listrik di acara Los Angeles Auto Show 2019. Crossover ini memiliki desain yang sporty dan elegan, sehingga tidak akan pernah bosan untuk memandangnya.

Mobil pabrikan jerman ini, memiliki beragam fitur cangih dengan tenaga yang tak kalah dari mesin bensin.

Sesuai dengan namanya sportback, mobil ini memiliki gaya crossover coupe. E-Tron Sportback memiliki dimensi cukup besar panjang 4.901 mm, dengan lebar 1.935 mm, serta tingginya 1.616 mm. 

Di bagian interior, E-Tron Sportback hampir menyamai gaya E-Tron SUV. Misalnya digital instrument 12,3 inch di belakang kemudi, touchscreen 12,1 inch di dashboard, dan touchscreen 8,6 inch di bawahnya untuk input teks dan climate controls. Sistem infotainment Audi bisa dikontrol melalui suara, serta dilengkapi Amazon Alexa juga.

Lebih menariknya lagi, Salah satunya spion samping mobil ini tak menggunakan cermin, melainkan kamera. Gambar yang ditangkapnya ditampilkan pada layar kecil di antara pintu dan panel instrumen. Perangkat itu juga bisa menyesuaikan diri secara otomatis, berdasarkan kebutuhan, seperti menikung tajam atau mundur.

Untuk penerangan, E-Tron Sportback sudah full Digital Matrix LED. Audi mengklaim perangkat itu bisa menghasilkan pencahayaan beresolusi tinggi. Pasalnya, chip kecil yang satukan dengan cermin mikro dapat bergerak hingga 5.000 kali per detik untuk memantulkan cahaya. Menariknya lagi, fitur ini  dapat memproyeksikan gambar khusus dan juga dapat dimatikan di titik tertentu, jika ada pengemudi lain atau pejalan kaki merasa silau.

Sementara untuk kapasitas kargo disebutkan bisa menampung 614 liter saat jok baris kedua ditegakkan. Bila dilipat volumenya meningkat menjadi 1.653 liter.

Pada bagian mesin, mobil ini memiliki fitur top-range berbaterai 95 kWh dengan dua motor listrik, output hingga 355 hp dan torsi 561 Nm, diklaim dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 6,6 detik. Sementara kecepatan tertinggi yang mampu menyentuh 200 km/jam dengan daya jelajah hingga 466 km dalam sekali pengisian baterai siklus WLTP.

Jika akselerasi dirasa kurang, pengemudi dapat menggunakan mode S, sehingga motor listrik dapat menghasilkan 402 hp dan torsi 664 Nm. Pada posisi ini, E-Tron Sportback dapat bergerak 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,7 detik.

Audi E-Tron Sportback baru akan meluncur pada 2020 mendatang di Jerman, namun konsumen sudah mulai dapat memesannya. Audi menawarkan mobil ini dengan harga sekitar Rp 1,298 miliar [Ric/Idr]


Komentar