Astra dan Gojek Mulai Uji PCX Electric di Indonesia Share this
Berita Motor
Mode baca

Astra dan Gojek Mulai Uji PCX Electric di Indonesia

Helmi  Reinaldi
oleh Helmi Reinaldi
pada 26 July 2019

Foto: Uji Coba Motor Listrik Gojek dan Astra

TANGERANG — PT Astra International bersama dengan Gojek memulai pilot project berupa uji coba penggunaan motor listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia melalui aplikasi Gojek, khususnya layanan GoRide.

Inisiatif dari dua perusahaan nasional ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas motor listrik sebagai alternatif layanan transportasi berbasis aplikasi. Hasil uji coba ini nantinya diharapkan dapat menjadi referensi untuk penelitian dan pengembangan motor listrik tahap berikutnya.

Chief Operations Officers Gojek Hans Patuwo mengatakan, “Melalui kombinasi pengalaman di bidang otomotif dan kepemimpinan di bidang teknologi, Astra dan Gojek senantiasa berupaya yang terbaik dalam menghadirkan berbagai inovasi untuk Indonesia.”

Dalam uji coba yang dilakukan di Jakarta, mitra driver Gojek terpilih akan melayani pelanggan dengan menggunakan Honda PCX Electric yang disediakan langsung oleh Astra.

“Kolaborasi ini merupakan wujud nyata dari kerja sama antara dua perusahaan nasional, yakni Astra dengan pengalaman di bidang otomotif, khususnya di segmen roda dua, dan Gojek yang merupakan platform teknologi on-demand terdepan di Indonesia,” ujar Direktur Astra Paulus Bambang Widjanarko.

Mereka akan mencari umpan balik dari pengalaman mitra driver maupun penumpang. Semuanya akan dirangkum menjadi masukan untuk menjajaki kemungkinan pengembangan kerjasama ke skala yang lebih luas.

Uji coba penggunaan motor listrik ini mendukung ketersediaan transportasi ramah lingkungan bagi masyarakat, serta meningkatkan kenyamanan dan keamanan melalui desain dan teknologi yang mutakhir. Selain itu, Honda PCX Electric yang diuji coba juga menghemat biaya operasional dan biaya pemeliharaan.

Selain digunakan untuk uji coba lapangan di Jakarta, satu unit Honda PCX Electric beserta charging station-nya dipamerkan di booth Gojek pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD pada 25-26 Juli 2019. [Hlm/Idr]


Komentar