Aston Martin Ungkap Calon Hypercar Masa Depan Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Aston Martin Ungkap Calon Hypercar Masa Depan

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 06 Juli 2016

Foto: Aston Martin AM-RB 001

GAYDON - Aston Martin akhirnya mengenalkan hypercar masa depan di pabrik Aston Martin, Gaydon, Inggris. Calon hypercar diberi nama AM-RB 001 itu hasil kolaborasi Aston Martin dengan Formula 1 team Red Bull Racing.

Hypercar AM-RB 001 adalah hasil kemitraan global Aston Martin dan Red Bull yang diumumkan pada akhir 2015.

Konsep mobil tetap mengusung ciri khas dari Aston Martin yaitu bentuk grille tipis untuk mengatasi beban aerodinamis sehingga mampu melesat pada kecepatan tertinggi. Klaim Aston Martin dan Red Bull, mobil menyuguhkan teknologi inovatif untuk bisa digunakan di lintasan khusus.

Hypercar AM-RB 001 dikembangkan oleh tiga orang visioner yaitu Adrian Newey Red Bull Racing Chief Technical Officer, desainer terkenal F1 Marek Reichman kini menjabat sebagai Aston Martin EVP and Chief Creative Officer, dan David King VP and Chief Special Operations Officer Aston Martin.

"Sebuah kebanggan untuk bisa berkerjasama dengan Adrian Newey, Red Bull Racing dan bantuan yang tak ternilai dari mitra proyek AF Racing AG untuk bisa menghasilkan kolaborasi kreatif yang luar biasa," kata Andy Palmer CEO dan Presiden Aston Martin.

Kedua perusahaan ini masih enggan berbagi spesifikasi calon hypercar ini. Banyak yang mendukung bahwa Hypercar AM-RB 001 layak menjadi mobil balap legal, namun galak di trek balap. Artinya hypercar AM-RB 001 harus memiliki teknologi-teknologi mumpuni untuk bisa menjadi hypercar paling berkarakter di dunia.

Dikabarkan bahwa hypercar AM-RB 001 akan menyajikan chassis monocoque untuk menggendong mesin V12 yang bersemayam di balik body berbahan serat karbon. Hingga saat ini belum ada kabar kapan masuk dapur produksi. [Ikh/Idr]


Komentar