Asian Games 2018 Jakarta-Palembang Resmi Ditutup Share this

Asian Games 2018 Jakarta-Palembang Resmi Ditutup

Adi Hidayat
pada 03 September 2018

JAKARTA – Asian Games 2018 Jakarta-Palembang resmi ditutup.

Ajang olahraga terbesar di Asia ini telah diselenggarakan sejak tanggal 18 Agutsus 2018 hingga 2 September 2018. Dalam ajang ini, Indonesia berhasil meraih posisi keempat atau meningkat jauh bila dibandingkan dengan ajang serupa pada 2014 lalu yang hanya duduk di posisi ke-16.

“Ini adalah capaian prestasi Indonesia dalam sejarah keikutsertaan di Asian Games. Semoga penyelenggaraan Asian Games 2018 ini menjadi momentum bagi kebangkitan olahraga Nasional,” ungkap Jusuf Kalla, Wakil Presiden Republik Indonesia.

Indonesia memang terbilang sukses di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Hingga penutupannya kemarin, Indonesia berhasil mendapatkan 98 medali yang terdiri dari 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu. Dengan ini Indonesia berhak duduk di peringkat keempat klasmen akhir Asian Games 2018.

Banyaknya jumlah medali emas tersebut tidak lepas dari peran cabang olahraga Pencak Silat yang baru pertama kali dipertandingkan di Asian Games 2018. Dari 16 medali emas yang diperebutkan, Indonesia berhasil merebut 14 di antaranya. Dengan demikian maka Indonesia menjelma menjadi juara umum pada cabang olahraga Pencak Silat.

Tak hanya itu, cabang olahraga panjat dinding pun Indonesia berhasil merebut medali cukup banyak. Tercatat, Indonesia berhasil membawa enam medali yang terdiri dari tiga emas, dua perak dan satu perunggu.

Sementara pada cabang bulutangkis yang selalu menjadi lumbung medali Indonesia berhasil meraih delapan medali. Jumlah tersebut terdiri dari dua medali emas, dua medali perak dan empat medali perunggu.

Hasil ini adalah capaian tertinggi Indonesia setelah Asian Games 1961 Jakarta. Ketika itu, Indonesia berhasil duduk diposisi kedua klasmen akhir sengan torehan medali sebanyak 51 buah. Jumlah tersebut terdiri dari 11 emas, 12 perak dan 48 perunggu.


Komentar