Asa Yamaha Tenere 700 World Raid Sampai Produksi Share this
Motor Konsep
Mode baca

Asa Yamaha Tenere 700 World Raid Sampai Produksi

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 07 November 2017

Foto: Yamaha Tenere 700 World Raid di EICMA 2017

MILAN - Salah satu sepedamotor paling dinanti dalam gelaran EICMA 2017 adalah Yamaha Tenere 700 World Raid concept.

Yamaha kembali menampilkan konsep sepedamotor petualang yaitu Tenere 700 World Raid di EICMA tahun ini. Kehadirannya diakui sebagai pengganti Yamaha T7 Concept yang debut tahun lalu di lokasi sama.

Yamaha rupanya menyimpan asa sepedamotor ini harus masuk jalur produksi setelah debut dunia perdana tahun ini, setidaknya untuk diproduksi pada 2018. Tak ada penjelasan mengapa Yamaha menghentikan proyek T7 concept dan meneruskannya dengan Tenere 700 World Raid.

Yamaha Tenere 700 World Raid di EICMA 2017 Yamaha Tenere 700 World Raid di EICMA 2017

Dari segi fungsi dan profil, sebenarnya antara Yamaha Tenere 700 World Raid dan Yamaha T7 Concept sama persis. Produsen berlogo Garpu Tala itu tetap menyajikan sepedamotor dual purpose yang didesain untuk keperluan onroad dan offroad pada Tenere 700 World Raid.

Paling menarik adanya kata "Raid", diterjemahkan ke bahasa Indonesia adalah "serangan". Dan bisa dikatakan motor ini dikembangkan bagi rider penyuka medan ekstrim yang menantang adrenalin sekalipun.

Namun, klaim Yamaha, unitnya itu memberikan kesenangan berkendara, tangguh dan gesit di segala medan tanpa menanggalkan kenyamanan yang sudah menjadi ciri khas motor-motor petualang Yamaha.

Yamaha Tenere 700 World Raid memang bisa diandalkan para petualang, sebab mengandalkan chassis baja, suspensi depan USD dan monoshock yang mampu meredam getaran sangat baik. Komponen-komponen tersebut sudah didesain sedemikian rupa guna mengejar kata sempurna.

Yamaha Tenere 700 World Raid di EICMA 2017 Yamaha Tenere 700 World Raid di EICMA 2017

Sementara, model terinspirasi motor Dakar ini menggendong mesin MT-07 yaitu kapasitas mesin DOHC 689cc 2-silinder. Rasanya, jantung penggeraknya sudah disesuaikan untuk memperkuat penampilannya yang brutal. Mesinnya mampu menyemburkan tenaga 4 hp pada 9.000 rpm dan torsi puncak 68 Nm pada 6.500 rpm.

Yamaha Tenere 700 World Raid menyuguhkan kursi rendah, dan bahan-bahan serat karbon pada side panel, front and backfender serta project-beam LED untuk penerangan maksimal saat rider melakukan perjalanan malam hari. Tak luput dari desainer Yamaha yaitu adanya windscreen sebagai salah satu kebutuhan motor-motor adventure. [Ikh]


Komentar