Dovizioso Ukir Podium ke-100 di MotoGP Share this
MotoGP
Mode baca

Dovizioso Ukir Podium ke-100 di MotoGP

Helmi  Reinaldi
oleh Helmi Reinaldi
pada 21 Oktober 2019

Foto: Andrea Dovizioso

MOTEGI – Keberhasilan mengamankan tempat ketiga di MotoGP Jepang menjadi catatan emas bagi Andrea Dovizioso. Pasalnya, capaian tersebut merupakan podium ke-100 bagi pembalap asal Italia tersebut selama berkarir di Grand Prix.

Podium ke-100 ini merupakan jumlah akumulasi dari berbagai kelas balap Grand Prix yang pernah diikuti oleh Dovizioso. Mulai dari 125cc, 250cc, hingga kelas tertinggi MotoGP.

Menempati peringkat ketiga di seri MotoGP Jepang 2019 merupakan podium kedelapan musim ini bagi Dovizioso. Total 100 podium yang diukir Dovizioso terbagi atas 23 kemenangan, 39 sebagai runner-up, dan 38 kali sisanya berada di tempat ketiga.

Meski berhasil meraih prestasi yang terbilang membanggakan, namun Dovizioso justru merasa cukup kecewa dengan hasil balapan di Motegi.

“Ini adalah sebuah angka yang penting... tapi kami tidak hidup untuk rekor jadi kami ingin kemenangan. Itulah intinya, jadi saya agak kecewa dengan balapan saat ini,” ujar Dovizioso.

“Untungnya, di awal balapan ketika saya tidak cepat, saya tenang dan selalu berkendara dengan mulus. Jadi pada akhirnya ketika motor bekerja sedikit lebih baik, saya bisa menjadi cepat,” tambah Dovizioso.

Dovizioso memang menjadi pesaing berat bagi sang juara MotoGP 2019, Marc Marquez. Terbukti, pembalap dengan nomor 04 tersebut sempat beberapa kali menyusahkan Marquez dengan beragam manuver yang dilakukannya pada musim ini.

Pada klasemen pembalap MotoGP 2019, Dovizioso menempati peringkat kedua dengan total 231 poin. Hasil ini membuatnya untuk sementara mengungguli Alex Rins dan Maverick Vinales yang berada di posisi ketiga. [Hlm/Idr]


Komentar