Amboi, Yamaha Niken Dijejali Turbocharger Share this
Modifikasi
Mode baca

Amboi, Yamaha Niken Dijejali Turbocharger

Denny Basudewa
pada 02 April 2019

Foto: Yamaha Niken Turbo

SYDNEY – Yamaha Niken menjadi semakin sangar berkat penggunaan turbo yang dilakukan oleh rumah modifikasi Trooper Lu.

Yamaha Niken yang berpenampilan sangar kian brutal dengan disematkannya turbocharger oleh seorang modifikator. Kuda besi yang dikembangkan dari MT-09 ini menjadi Niken pertama di dunia yang mesinnya disokong oleh turbocharger.

Adalah Yamaha Motorsports Australia yang menjadi inisiator hadirnya Niken turbo. Bekerjasama dengan Trooper Lu Garage, hasilnya sebuah motor berpenampilan gahar dan tenaganya yang dihasilkan juga luar biasa.

Justin Chrisholm selaku pemilik bengkel menjawab tantangan dari Yamaha Australia, dengan mengadopsi turbocharger merek Garret. Rumah keong yang merupakan ciri khas turbo ditempatkan pada bagian bawah kendaraan.

Dengan bantuan turbo, dikatakan bahwa Yamaha Niken besutannya mampu menghasilkan output sebesar 33 hp tambahan. Jika dibandingkan dengan tenaga aslinya yakni 115 hp, maka saat ini Niken racikan Trooper Lus garage memiliki semburan tenaga maksimal menjadi 148 hp.

Penempatan turbo sendiri dikatakan bahwa sengaja dirancang oleh Ben Shaw dari Extreme Creations. Terbukti bahwa penggunaan turbocharger menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari motor berkelir coklat muda ini

Warna biru yang merupakan ciri khas Yamaha memang sudah berganti. Namun hal ini tidak mengurangi tampilan sangar dari Niken. Sepasang suspensi KYB dipasangkan guna membuat handling kendaraan semakin mengenakkan.

Tidak hanya sampai di situ, Yamaha Niken satu ini disandingkan dengan knalpot Akrapovic. Lalu untuk mendukung kenyamanan berkendara, Mereka menyematkan boks berukuran cukup besar pada bagian belakang kendaraan. [Dew/Idr]


Komentar