All-new Yamaha V-Ixion Meluncur Tahun Ini Share this
Berita Motor
Mode baca

All-new Yamaha V-Ixion Meluncur Tahun Ini

Denny Basudewa
pada 02 Maret 2017

Foto: All-new Yamaha V-ixion meluncur tahun ini

JAKARTA – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengkonfirmasi bahwa all-new Yamaha V-Ixion akan diluncurkan tahun ini.

Sejak diluncurkan pertama kali (lampu bulat) pada 2007, YIMM tercatat baru satu kali melakukan ubahan (major change) untuk Yamaha V-Ixion. Setelah beredar di Tanah Air selama satu dekade, produsen sepedamotor berlambang Garpu Tala tersebut akhirnya siap meluncurkan generasi terbaru kuda besi bergenre sport naked tersebut.

“Ya, memang tahun ini kami akan meluncurkan (all-new V-Ixion). Kita tunggu saja dalam beberapa bulan ke depan,” ujar M. Abidin, General Manajer After Sales & Motorsport YIMM melalui sambungan telepon.

All-new Yamaha V-ixion

Seperti telah kami wartakan sebelumnya, all-new V-ixion sempat tertangkap kamera di wilayah Jawa Tengah. Dalam hasil jepretan tersebut diduga motor berkapasitas 150cc menggunakan teknologi terbaru milik Yamaha yakni Variable Valve Actuation (VVA).

Teknologi yang mengatur bukaan klep ini untuk pertama kalinya diterapkan pada Yamaha N-Max 155cc.  Penemuan ini akhirnya diterapkan pada generasi terbaru all-new R15 yang baru dikenalkan beberapa waktu silam.

Teknologi ini membuat kapasitas mesin all-new R15 menyesuaikan menjadi 155,1cc. Hasilnya sebagai kendaraan berjenis sport, all-new R15 menjadi yang terkuat di kelasnya. Sebagai kendaraan yang cukup banyak peminatnya di Tanah Air, all-new V-Ixion nampaknya akan menggunakan hal sama pada mesinnya.

Selain mesin spekulasi penggunaan suspensi depan upside down juga ramai dibicarakan. Sistem peredam kejut ini menjadi magnet beberapa pabrikan untuk menggaet konsumennya. Namun dari beberapa gambar yang tersebar, all-new Yamaha V-Ixion masih menggunakan suspensi teleskopik.

Satu lagi teknologi yang menjadi perbincangan hangat adalah slipper clutch. Sistem pemindah gigi tersebut mampu membuat akselerasi kendaraan lebih halus dan presisi tentunya. Bagaimana wujud asli all-new V-Ixion sebenarnya? Tunggu saja kabar selanjutnya. [Dew/Ikh]


Komentar